SOLOPOS.COM - Ilustrasi lari pagi. (freepik)

Solopos.com, MADIUN – Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh. Olahraga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Umumnya olahraga dilakukan pagi hari, terutama sesaat setelah bangun tidur. Baik dengan jalan pagi, jogging, ataupun senam. Namun, banyak pula yang tak dapat melakukan hal itu karena terbentur rutinitas yang tidak dapat ditinggalkan. Mereka akhirnya memilih berolahraga di sore bahkan malam hari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Meski sama-sama menyehatkan tubuh, ternyata ada perbedaan antara manfaat olahraga pagi, sore, dan malam hari.

Cara Menghilangkan Ketiak Hitam Secara Alami, Enggak Ribet Kok!

Berikut manfaat olahraga pagi, sore, dan malam hari bagi kesehatan:

1. Olahraga pagi hari

Berolahraga di pagi hari dapat membantu tidur lebih nyaman dan nyenyak. Olahraga memiliki hubungan yang kuat dengan ritme sirkadian, yaitu proses internal yang mengatur kapan waktu untuk makan, tidur, hingga bangun tidur. Aktivitas fisik menjaga ritme sirkadian dapat mempengaruhi kinerja fisik yang dilakukan.

Berkeringat di pagi hari dapat melepaskan melatonin yang dapat menjaga siklus bangun dan tidur. Sebuah studi yang diterbitkan pada 2014 di Vascular Health Risk Management menemukan bahwa mereka yang berolahraga di pagi hari tidur lebih nyenyak dibandingkan dengan mereka yang berolahraga di sore atau malam hari. Olahraga di pagi hari juga dapat membuat hari lebih tenang karena pembakaran adrenaline dan meningkatkan hormon endorfin.

Biar Paru-Paru Sehat, Pastikan Asupan Vitamin Ini Tercukupi

2. Olahraga sore hari

Olahraga sore membantu meningkatkan kinerja sehari-hari. Menjelang siang, kadar kortisol dan testosteron membantu otot memproses energi dengan lebih efisien.

Professor University of South Carolina Shawn Arent menyebut banyaknya karbohidrat yang dikonsumsi saat siang hari dapat menjadi sumber utama energi untuk berolahraga.

Sore hari adalah pilihan terbaik untuk berolahraga bagi mereka yang tidur larut malam. Keringat yang dikeluarkan saat berolahraga di sore hari dapat membantu proses bangun tidur yang biasanya sulit dilakukan kebanyakan orang.

Hampir Mirip, Ini Cara Bedakan Jeruk Keprok dan Siam

3. Olahraga malam hari

Beberapa orang mungkin lebih energik jika melakukan aktivitas seperti olahraga saat malam hari. Olahraga yang dilakukan saat malam hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Dalam sebuah studi pada 2019 yang diterbitkan Cell Metabolism, oksigen yang digunakan selama olahraga di malam hari lebih sedikit dibandingkan saat waktu lainnya. Penggunaan oksigen yang lebih sedikit, menurunkan detak jantung dan membuat olahraga jadi kurang intens.

Kegiatan berolahraga saat malam membantu menghilangkan stres. Sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Sport Psychology mendukung pernyataan tersebut. Satu gerakan badan dapat mengurangi kecemasan. Rasa cemas seringkali memperburuk insomnia. Hindari berolahraga dengan jarak waktu yang terlalu dekat dengan jam tidur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya