Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Waktu Tempuh 30 Menit, Sopir Truk Ekspedisi bakal Antusias Lewat Tol Solo-Jogja

Jalan tol Solo-Jogja ruas Purwomartani-Kartasura yang saat ini masih dalam tahap pembangunan ditargetkan rampung dan mulai beroperasi pada 2024.
SHARE
Waktu Tempuh 30 Menit, Sopir Truk Ekspedisi bakal Antusias Lewat Tol Solo-Jogja
SOLOPOS.COM - Warga melintas di dekat box culvert di wilayah Desa Keprabon, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Selasa (25/1/2022). Terowongan itu bakal menjadi salah satu akses jalan desa di bawah jalan tol Solo-Jogja yang saat ini masih dalam proses pembangunan. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Jalan tol Solo-Jogja ruas Purwomartani-Kartasura yang saat ini masih dalam tahap pembangunan ditargetkan rampung dan mulai beroperasi pada 2024. Waktu tempuh Solo-Jogja diperkirakan bakal terpangkas sekitar satu jam setelah jalan tol dioperasikan.

Manajer Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Marga Makmur, Muhammad Amin, mengatakan dari pemerintah menargetkan ruas jalan tol Solo-Jogja sudah bisa dioperasikan pada kuartal I 2024. PT JMM selaku badan usaha ruas jalan tol Solo-Jogja-Kulonprogo optimistis target tersebut bisa dipenuhi.

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

Soal waktu tempuh Solo-Jogja melalui jalan tol, Amin kembali menjelaskan sekitar 30 menit melalui jalan tol dari Purwomartani hingga Kartasura.

“Panjangnya itu sekitar 45 km. Dengan kecepatan 100 km per jam, waktu tempuh tidak sampai 30 menit,” kata Amin saat ditemui di Desa Tambakan, Kecamatan Jogonalan, pekan lalu.

Melintasi jalan tol Solo-Jogja diperkirakan bisa memangkas waktu perjalanan hampir satu jam. Sebagai informasi, rata-rata waktu tempuh dari Jogja hingga Kartasura sekitar 1,5 jam mengendarai kendaraan pribadi.

Baca Juga: Jalan Solo-Jogja Jadi Jalur Perlintasan Tamu VVIP Pernikahan Kaesang-Erina

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Salah satu sopir truk ekspedisi, Nur Zainudin, 34, mengatakan sudah 10 tahun menjadi sopir dan kerap melintasi ruas jalan Solo-Jogja. Dari tahun ke tahun, kondisi arus lalu lintas Jogja-Solo kian ramai.

“Ya kalau ada jalan tol nantinya pengiriman barang dari Jogja ke Solo lebih cepat. Kalau via jalur lingkar dan jalur biasa terlalu lama. Bisa lebih dari tiga jam. Soalnya kan banyak lampu merah, kemudian macet,” kata warga Kecamatan Klego, Boyolali tersebut.

Nur mengatakan selama ini kerap mengantarkan obat-obatan serta sembako dari wilayah Kartasura serta Solo hingga ke wilayah Jogja hingga Bantul. Nur mengaku waktu tempuh menggunakan truk sekitar tiga jam. Selain banyak traffic light, pada jam-jam tertentu kondisi arus lalu lintas ramai.

Kilas Balik 2022 - Emagz Solopos

Baca Juga: Polisi Klaten Tangkap Basah 10 Remaja Pelaku Vandalisme di Dinding Proyek Tol

Disinggung waktu tempuh via jalan tol Solo-Jogja hanya 30 menit, Nur mengatakan jika menggunakan mobil pribadi waktu tempuh mungkin terjadi. Namun, ketika mengendarai truk waktu tempuh paling cepat satu jam.

“Untuk kendaraan pribadi kecepatannya bisa dipacu. Kalau truk dipacu nanti berimbas pada faktor keselamatan. Jadi lebih mempertimbangkan ke keselamatan,” jelas dia.



Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode