SOLOPOS.COM - Warga melintas di dekat box culvert di wilayah Desa Keprabon, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Selasa (25/1/2022). Terowongan itu bakal menjadi salah satu akses jalan desa di bawah jalan tol Solo-Jogja yang saat ini masih dalam proses pembangunan. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Jalan tol Solo-Jogja ruas Purwomartani-Kartasura yang saat ini masih dalam tahap pembangunan ditargetkan rampung dan mulai beroperasi pada 2024. Waktu tempuh Solo-Jogja diperkirakan bakal terpangkas sekitar satu jam setelah jalan tol dioperasikan.

Manajer Lahan dan Utilitas PT Jogjasolo Marga Makmur, Muhammad Amin, mengatakan dari pemerintah menargetkan ruas jalan tol Solo-Jogja sudah bisa dioperasikan pada kuartal I 2024. PT JMM selaku badan usaha ruas jalan tol Solo-Jogja-Kulonprogo optimistis target tersebut bisa dipenuhi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Soal waktu tempuh Solo-Jogja melalui jalan tol, Amin kembali menjelaskan sekitar 30 menit melalui jalan tol dari Purwomartani hingga Kartasura.

“Panjangnya itu sekitar 45 km. Dengan kecepatan 100 km per jam, waktu tempuh tidak sampai 30 menit,” kata Amin saat ditemui di Desa Tambakan, Kecamatan Jogonalan, pekan lalu.

Melintasi jalan tol Solo-Jogja diperkirakan bisa memangkas waktu perjalanan hampir satu jam. Sebagai informasi, rata-rata waktu tempuh dari Jogja hingga Kartasura sekitar 1,5 jam mengendarai kendaraan pribadi.

Baca Juga: Jalan Solo-Jogja Jadi Jalur Perlintasan Tamu VVIP Pernikahan Kaesang-Erina

Salah satu sopir truk ekspedisi, Nur Zainudin, 34, mengatakan sudah 10 tahun menjadi sopir dan kerap melintasi ruas jalan Solo-Jogja. Dari tahun ke tahun, kondisi arus lalu lintas Jogja-Solo kian ramai.

“Ya kalau ada jalan tol nantinya pengiriman barang dari Jogja ke Solo lebih cepat. Kalau via jalur lingkar dan jalur biasa terlalu lama. Bisa lebih dari tiga jam. Soalnya kan banyak lampu merah, kemudian macet,” kata warga Kecamatan Klego, Boyolali tersebut.

Nur mengatakan selama ini kerap mengantarkan obat-obatan serta sembako dari wilayah Kartasura serta Solo hingga ke wilayah Jogja hingga Bantul. Nur mengaku waktu tempuh menggunakan truk sekitar tiga jam. Selain banyak traffic light, pada jam-jam tertentu kondisi arus lalu lintas ramai.

Baca Juga: Polisi Klaten Tangkap Basah 10 Remaja Pelaku Vandalisme di Dinding Proyek Tol

Disinggung waktu tempuh via jalan tol Solo-Jogja hanya 30 menit, Nur mengatakan jika menggunakan mobil pribadi waktu tempuh mungkin terjadi. Namun, ketika mengendarai truk waktu tempuh paling cepat satu jam.

“Untuk kendaraan pribadi kecepatannya bisa dipacu. Kalau truk dipacu nanti berimbas pada faktor keselamatan. Jadi lebih mempertimbangkan ke keselamatan,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya