SOLOPOS.COM - Tim barongsai Sparta Polresta Solo yang mewakili Jateng menunjukkan medali perak di ajang Kejurnas FOBI di Sleman, DIY. (istimewa/Polresta Solo)

Solopos.com, SOLO – Tim Liong Polresta Solo berhasil membawa pulang medali perak dari ajang Kejuaraan Nasional Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (Kajurnas FOBI) di Sleman, DIY, akhir pekan lalu. Dalam perebutan Piala Presiden, tim barongsai Jateng yang diwakili oleh Sparta Polresta Solo itu menang dalam kategori kecepatan memainkan Liong.

“Alhamdulillah tim kita, di bawah binaan langsung bapak Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri, berhasil menyabet juara kedua dalam perlombaan (barongsai) di Jogja akhir pekan kemarin,” kata Kasat Sabhara Polresta Solo, Kompol Dani Permana Putra, saat ditemui wartawan, Senin (10/10/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia mengatakan untuk nomor Liong kecepatan terdapat 10 provinsi yang mengikuti perlombaan. Dari 10 provinsi itu, diseleksi menjadi empat besar dan diadu kembali. Tim Polresta Solo beradu kembali dengan perwakilan dari DKI Jakarta, Sumatra Utara dan Sumatra Barat. Polresta Solo yang menjadi wakil Jateng mencatatkan waktu 54 detik.

Ekspedisi Mudik 2024

“Namun, karena terjadi kesalahan teknis, tim kami mendapat pinalti penambahan waktu 59 detik. Ini juga menjadi pembelajaran bagi kami. Ternyata teknis pertandingan di tingkat nasional dengan di tingkat daerah berbeda, standarnya lebih ketat dan tinggi,” kata Dani.

Sebelumnya, tim barongsai Polresta Solo sempat vakum karena pandemi Covid-19. “Sebenarnya tim ini sudah ada seniornya karena sudah dibentuk sejak tahun 2017. Tetapi karena pandemi. Sebenarnya targetnya adalah memeriahkan Imlek saja, ikut saat Tjap Go Meh atau acara kebudayaan di Kota Solo. Namun, kami ditunjuk FOBI Solo ikut lomba di tingkat Provinsi di Kudus, hingga menang lalu ke tingkat nasional sekarang,” kata Dani.

Baca Juga: Jadwal Livoli Divisi Utama 2022 Hari Ini: Tim Putri Vita Solo Hadapi TNI AL

Menurut Dani, kemenangan ini menjadi motivasi bagi seluruh anggota tim untuk berkiprah lebih baik. Rencananya, Polresta Solo mengikuti seleksi Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) pada akhir Desember 2022 serta seleksi PON pada tahun depan.

“Harapan kami satu tim ini bisa berangkat semuanya. Bukan sekadar perwakilan saja, karena yang namanya barongsai ini tim, sudah ada chemistry yang terbentuk,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya