Wakil Rakyat Karanganyar Ini Pakai Mobil Dinasnya Untuk Bantu Warga Cari Oksigen
Solopos.com|soloraya

Wakil Rakyat Karanganyar Ini Pakai Mobil Dinasnya Untuk Bantu Warga Cari Oksigen

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Karanganyar ini merelakan mobil dinasnya dipakai wara-wiri membantu warga yang butuh oksigen.

Solopos.com, KARANGANYAR — Sikap kedermawanan ditunjukkan wakil rakyat di DPRD Karanganyar, Anung Marwoko. Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) yang juga Wakil Ketua DPRD itu bersedekah dengan membantu masyarakat mengantrekan tabung oksigen ke tempat pengisian oksigen.

Selain itu, ia juga berburu donor plasma konvalesen untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Ia menghubungi dan menjemput orang yang telah sembuh dari Covid-19 dalam jangka waktu tertentu untuk menjadi donor konvalesen.

Anung beraksi menggunakan mobil dinas Toyota Fortuner pelat merah AD 7 F untuk mengangkut tabung oksigen dan orang yang akan menjadi donor plasma konvalesen. Aksinya bersama tujuh orang rekan itu sudah dilakukan sejak sepuluh hari lalu.

“Bersedekah, berbuat sesuai kemampuan di masa pandemi ini. Saya manfaatkan mobil dinas yang dibeli pakai uang rakyat itu untuk angkut tabung oksigen bagi masyarakat membutuhkan. Selain itu mengantar dermawan yang mau menjadi donor plasma konvalesen ke PMI Kota Solo,” tutur Anung saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga: Bawa Susu Dan Obat Herbal, Bupati Karanganyar Keliling Tilik Warga Isoman

Aktivitas itu dilakukan wakil rakyat Karanganyar itu setiap hari. Pagi, saat berangkat ke kantor ia mengendarai mobil dinasnya sambil membawa tabung oksigen kosong. Siang atau sore saat pulang dari kantor, Anung membawa tabung yang sudah berisi oksigen.

Membiayai Ongkos Pengisian Oksigen

“Setiap hari kami ambil tabung oksigen kosong milik warga. Atau ada warga yang menitipkan ke kantor DPRD Karanganyar. Hari ini tadi sepuluh tabung. Kami bawa ke pengisian oksigen, gratis. Mereka [warga yang meminta tolong] ini kan ada yang wong ndeso, tidak tahu harus mengisi oksigen ke mana, tidak ada fasilitas. Saya punya dan bisa, ya saya bantu,” ungkapnya.

Anung membiayai ongkos pengisian oksigen. Ia mengajak masyarakat bahu membahu mengatasi dampak pandemi Covid-19. Menurutnya, setiap orang bisa memberikan sumbangsih dalam bentuk apa pun sesuai kemampuan di masa pandemi ini.

Baca Juga: Nama Istri Bupati Karanganyar Tertera Di Amplop Bansos PPKM Darurat, Ini Penjelasan Pemkab

“Langkah kecil yang dilakukan setiap orang bisa berdampak. Mari saling bahu membahu. Semua harus bergerak bersama kalau ingin ini lekas selesai,” ajak wakil rakyat Karanganyar itu.

Anung mengaku tidak takut dengan tudingan yang menyebutnya riya atau mengejar pencitraan dan popularitas. “Saya tidak takut dianggap riya atau pencritraan. Urusan dia. Yang penting untuk masyarakat,” tuturnya.

Didasari Pengalaman

Anung mengatakan aksinya itu didasari pengalaman salah seorang anggota keluarganya juga pernah terpapar Covid-19. Ia saat itu mengalami sendiri sulitnya mencari oksigen dan donor plasma.

Baca Juga: Modal Rp500.000, UMKM Makanan Tradisional Beku Karanganyar Ini Kini Punya Puluhan Agen

“Saya tidak banyak memiliki tabung oksigen, regulator mahal. Selain itu banyak ‘alumni’ pasien terkonfirmasi positif Covid-19 takut menjadi donor plasm konvalesen,” ceritanya.

Aksinya itu membuat wakil rakyat Karanganyar itu menerima banyak telepon dari orang tak dikenal. Mereka warga Solo, Sukoharjo, dan Sragen yang berharap bantuan dari Anung terkait pasokan oksigen dan donor plasma konvalesen.

“Kasihan setiap hari ketemu masyarakat panik karena oksigen susah, donor plasma konvalesen susah. Mobil rakyat dipakai mengangkut kebutuhan rakyat apa salahnya. Ini cara sederhana saya bersedekah. Kalau uang sudah habis ya berhenti. Untungnya ada saja dermawan yang kirim uang.”



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago