SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Persebaran virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 semakin masif. Sampai saat ini sejumlah negara berlomba menghadirkan vaksin untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Berdasarkan keterangan Satgas Penanganan Covid-19 Indonesia, hingga 3 November 2020 tercatat belum tersedia vaksin Covid-19 yang manjur. Meski demikian sampai hari ini kabarnya ada banyak vaksin potensial yang sedang dikembangkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perlu diketahui vaksin tidak sama dengan obat. Vaksin berfungsi mendorong pembentukan kekebalan tubuh dari serangan virus corona penyebab Covid-19. Vaksinasi dapat mencegah tubuh tertular maupun kemungkinan mengalami gejala klinis yang berat akibat infeksi virus.

Patung Merlion di Madiun Dikritik, Sigap Wali Kota Madiun Berkilah…

Secara umum vaksin bekerja merangsang pembentukan kekebalan tubuh terhadap virus maupun bakteri penyebab suatu penyakit. Jadi jika seseorang yang telah divaksin terpapar virus, tubuhnya bisa menghindari penularan atau mencegah munculnya gejala berat akibat penyakit tersebut.

Dalam kasus pandemi Covid-19, dampak vaksin sangat bergantung pada berbagai faktor. Mulai dari efektivitas vaksin, produksi, pengiriman, hingga target jumlah orang yang akan divaksinasi.

Habib Rizieq Kabur dari RS UMMI Bogor Lewat Gudang Obat, Kenapa?

Sejauh ini pemerintah menargetkan sekitar 60% penduduk Indonesia divaksin secara bertahap. Meski demikian, hal ini belum bisa dilakukan karena vaksin Covid-19 masih dalam tahap pengembangan.

jadi selama vaksin yang efektif dan aman belum ditemukan, upaya perlindungan diri yang bisa dilakukan adalah menerapkan 3M secara disiplin. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo senantiasa mengingatkan masyarakat untuk memakai masker dengan benar, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan menggunakan air mengalir serta sabun.

Sumur Bor di Blora Semburkan Gas, Bisa Menyulut Api

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya