Wajib Tahu! Ini Manfaat Aplikasi PeduliLindungi

Tahukah Anda kali ini membahas tentang sederet manfaat aplikasi PeduliLindungi.
Wajib Tahu! Ini Manfaat Aplikasi PeduliLindungi
SOLOPOS.COM - Logo aplikasi PeduliLindungi. (Gambar: Playstore)

Solopos.com, SOLO – Aplikasi PeduliLindungi kini menjadi syarat bagi setiap orang yang hendak bepergian dan mengakses tempat maupun fasilitas umum. Meskipun dalam praktiknya masih banyak orang yang belum mengetahui manfaatnya selain sebatas merekam sertifikat vaksin secara digital.

Aplikasi yang dirancang oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian BUMN yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan ini berguna untuk membantu menangani pandemi Covid-19.

Aplikasi ini mengandalkan kepedulian dan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasi maupun riwayat bepergian dan vaksinasi, termasuk juga riwayat kontak dengan penderita Covid-19.

Baca juga: Tak Cuma Pacitan, Wonogiri Juga Berpotensi Tsunami Besar

PeduliLindungi dapat digunkan untuk melakukan check-in/check-out di pusat keramaian. Hal ini sangat membantu ketika orang tersebut tidak ingat riwayat perjalanan yang dilakukan dan siapa saya yang sempat berkontak dengan dirinya.

Dengan aplikasi tersebut, pengguna akan mendapatkan notifikasi jika berada di kawasan zona merah. Pengguna juga akan mendapat peringatan jika di lokasi tersebut ada orang yang terinfeksi Covid-19.

Dengan informasi tersebut, Satgas Covid-19 akan lebih mudah mengawasi dan mendeteksi pergerakan mereka yang terpapar Covid-19.

Baca juga: Sinyal Lemah, Penarapan Aplikasi PeduliLindungi di Tawangmangu Jadi Susah

Dikutip dari situs Kemkes.go.id, Minggu (19/9/2021), dengan diterapkannya peraturan mengenai syarat mengakses layanan dan ruang publik menggunakan sertifikat vaksin, maka aplikasi PeduliLindungi merupakan aplikasi yang penting bagi seseorang untuk bisa mengetahui apakah seseorang sudah menjalani program vaksinasi atau belum. Hanya dengan menunjukkan atau lewat fitur pindai QR Code akan ditampilkan data vaksinasi pengguna.

Manfaat pada aplikasi PeduliLindungi jelas sangat membantu masyarakat dan pemerintah dalam hidup berdampingan dengan Covid-19. Oleh karena itu, diharapkan masyarakat bisa mengunduh dan memanfaatkan aplikasi tersebut dengan baik dan bijak, sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan fitur pada aplikasi tersebut.

Baca juga: Monstera Mengalami Pembusukan? Tenang, Begini Cara Mengatasinya

Di masa pandemi ini, masyarakat juga senantiasa dihimbau agar tetap menjalankan protokol kesehatan dan menerima vaksinasi agar tetap terlindungi dari penularan Covid-19, sehingga dapat terekam baik dalam aplikasi PeduliLindungi dan tetap dapat menjalankan aktivitas dengan baik.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago