SOLOPOS.COM - Ilustrasi insomnia. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Tak sedikit orang mengatasi insomnia dengan cara meminum obat. Padahal obat-obatan merupakan bahan kimia yang bisa membuat ketergantungan tubuh terhadap obat tersebut.

Memang mengidap insomnia itu bikin tubuh terasa tidak enak dan bisa memengaruhi kesehatan fisik serta kesehatan mental, sehingga Anda harus menemukan cara untuk mengatasinya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi insomnia tanpa obat, terlebih dulu mari mengetahui apa sajakah pemicunya.  Beberapa penyebab gangguan tidur ini antara lain stres, kecemasan, atau depresi, kondisi tidur yang tidak nyaman (tempat tidur, suhu, atau cahaya), kebisingan, penggunaan obat, jam kerja tidak teratur, alkohol, kafein, dan nikotin.

Baca Juga: Beraktivitas di Luar Ruangan dan Terkena Sinar Matahari Naikkan Mood

Berikut lima cara mudah untuk mengatasi insomnia tanpa obat-obatan seperti dilansir dari WebMD dan Bisnis.com, Minggu (3/10/2021):

1. Olahraga

Melakukan beberapa aktivitas fisik atau olahraga merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi insomnia. Olahraga baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Saat berolahraga, tubuh melepaskan endorfin yang membuat Anda merasa terjaga dan berenergi. Cobalah berolahraga lebih awal. Namun, Anda harus menghindari berolahraga dalam waktu dua jam sebelum tidur.

2. Jadwal Tidur

Mempraktikkan jadwal saat tidur dapat membantu Anda mengatasi insomnia. Ini berarti Anda harus mencoba untuk tetap pada jadwal tidur yang teratur setiap hari. Atur waktu tidur yang teratur dan waktu bangun yang teratur agar tubuh Anda terbiasa tidur pada jam-jam tersebut. Anda juga harus menghindari tidur siang sepanjang hari karena Anda akan lebih lelah ketika datang ke waktu tidur malam.

Baca Juga:  Hari Kopi Sedunia: Ini 8 Manfaat Minum Kopi untuk Kesehatan

3. Nutrisi

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi ternyata berperan penting dalam kualitas tidur Anda. Konsumsi makanan yang sehat memiliki banyak keuntungan, tetapi pastikan Anda tidak makan makanan besar dalam beberapa jam sebelum tidur. Aturan berlaku untuk alkohol dan kafein juga. Baik kafein dan alkohol dapat memengaruhi kualitas tidur Anda atau membuat Anda sulit untuk tertidur.

Berhenti minum kafein pada sore hari dan hindari alkohol setelah makan malam. Salah satu solusi paling populer untuk insomnia, minum susu hangat atau teh chamomile sebelum tidur. Keduanya dipercaya memiliki efek pada otak yang membuat Anda lebih mudah tertidur.

4. Pengaturan Cahaya

Cara lain mengatasi insomnia tanpa obat adalah dengan pengaturan cahaya di kamar. Saat kamar gelap, Anda lebih mudah untuk tertidur dan tetap tertidur. Gunakan gorden tebal untuk menghalangi cahaya yang dapat membangunkan Anda saat pagi hari. Ini berlaku untuk cahaya buatan juga. Hindari menonton TV atau menggunakan ponsel atau tablet Anda sebelum tidur. Spektrum cahaya dari gadget elektronik memiliki efek merangsang sehingga membuat Anda lebih sulit untuk tidur. Sebaliknya, cobalah sesuatu yang menenangkan, seperti membaca, mendengarkan musik, atau mandi sebelum tidur.

Baca Juga: Berapa Lama Penderita Stroke Seperti Tukul Arwana Jalani Fisioterapi?

Jika Anda bangun di tengah malam untuk menggunakan kamar kecil, jangan menyalakan lampu. Sebagai gantinya, gunakan senter untuk membantu memandu Anda ke kamar mandi. Lampu kamar mandi di atas kepala bisa membuat Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur kembali.

5. Relaksasi

Cobalah untuk menyelesaikan tugas atau tantangan yang paling berat di pagi hari dan tidak dalam beberapa jam sebelum tidur. Buat kamar tidur Anda nyaman dan siap untuk relaksasi dengan meredupkan lampu, menurunkan suhu jika memungkinkan, dan mengurangi kebisingan. Barang-barang seperti penyumbat telinga dan mesin white noise dapat membantu Anda untuk relaksasi. Sembunyikan jam di kamar Anda sehingga Anda tidak tergoda untuk melihatnya di malam hari. Semakin Anda khawatir tentang tidur, semakin sulit untuk tertidur dan mengatasi insomnia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya