SOLOPOS.COM - Pemandangan Gunung Merapi dari Kalitalang, Balerante, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, Kamis (24/12/2020). (Antaranews.com)

Solopos.com, KLATEN — Kabupaten Klaten terdapat banyak tempat wisata yang sedang nge-hits. Di antara tempat wisata di Klaten itu berada di Kecamatan Kemalang.

Sebagaimana diketahui, tempat wisata di Kemalang, Kabupaten Klaten sebagian besar mengandalkan keindahan alam. Hal ini tak terlepas dari lokasinya yang berada di lereng Gunung Merapi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut Tempat Wisata di Kemalang, Klaten:

1. Jembatan Gantung Girpasang

Jembatan gantung ini berlokasi Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang. Jembatan sepanjang 120 meter dari Dukuh Ngringin dan melintang di atas jurang sedalam 150 meter itu menjadi primadona baru bagi warga Klaten dan sekitarnya. Jembatan Girpasang diresmikan Ketua DPR RI, Puan Maharani, Kamis (20/1/2022) sore.

Baca Juga: Candramaya Pool and Resort Dalangan Klaten, Kental dengan Nuansa Bali

2. Gondola Girpasang

Lokasinya juga berada di Dukuh Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang. Gondola di Girpasang menggantung pada sejumlah sling yang membentang sekitar 138 meter di atas jurang sedalam 130 meter.

Gondola berkapasitas maksimal empat orang dewasa dengan waktu tempuh perjalanan dari Ngringin ke Girpasang atau sebaliknya sekitar 10 menit. Gondola menjadi magnet pengunjung di tempat wisata di Kemalang, Klaten.

3. Deles Indah

Baca Juga: Mengenal Desa Wisata Jarum Bayat sebagai Sentra Batik Tulis di Klaten

Lokasinya berada di desa Sidorejo, Kemalang, Klaten. Tempat wisata di Kemalang ini berada di ketinggian 800-1.300 meter di atas permukaan laut.

Sebagaimana dikutip dari www.visitklaten.com, Deles Indah merupakan objek wisata yang terletak di lereng sebelah timur kaki Gunung Merapi, sekitar 25 km dari pusat kota Klaten.

Di antara tempat menarik yang dapat dikunjungi di lokasi ini, yakni Taman Ngajaran. Lokasi ini merupakan sebuah taman yang terletak di bagian barat hutan akasia dan sebelah utara Pesanggrahan Pakubuwana X dan juga di sepanjang jalan menuju bukit Petung. Taman ini biasa digunakan untuk rekreasi dan camping.

4. Sapuangin

Baca Juga: Mengejutkan! Pendapatan Umbul Ponggok Mulai Disalip Umbul Ini

Lokasinya berada di Dukuh Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang. Dukuh Pajegan merupakan perkampungan tertinggi di Tegalmulyo. Lokasinya juga berbatasan langsung dengan kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM).

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tegalmulyo, Subur, Jumat (25/3/2022), mengatakan Sapuangin juga sering dikunjungi wisatawan selain Girpasang.

Di kawasan ini terdapat spot selfie yang view-nya langsung Gunung Merapi. Selain spot selfie, ada camping ground di kawasan tersebut. Lokasinya berada di lahan warga yang berbatasan langsung dengan TNGM. Pengelolaannya dilakukan langsung oleh warga di kawasan tersebut.

5. Kalitalang

Baca Juga: Umbul Brintik Klaten, Lokasi Terapi Kesehatan Hasil Rekomendasi Dokter

Lokasinya berada di Desa Balerante, Kemalang, Klaten. Kalitalang sudah sejak lama terkenal sebagai salah satu spot terbaik mengabadikan pemandangan Gunung Merapi. Kalitalang resmi dibuka dibuka untuk wisatawan pada 2016.

Dari lokasi tersebut, Merapi tampak begitu dekat dan indah dengan panorama vegetasi Taman Nasional Gunung Merapi. Kalitalang menjadi salah satu tempat wisata di Kemalang, Klaten yang wajib dikunjungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya