SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kebun Raya Indrokilo. (Istimewa/ Boyolali.go.id)

Solopos.com, BOYOLALI – Kabupaten Boyolali memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Khususnya wisata alam dengan latar pemandangan bukit maupun pegunungan.

Solopos.com merangkum lokasi wisata alam dengan review tinggi dan wajib dikunjungi versi ulasan local guide Google, Sabtu (16/7/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. New Selo

Destinasi wisata ini memiliki rating 4,5 dengan 2.863 ulasan menurut local guide pada Google.

Lokasinya di Dusun III, Samiran, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Wisata New Selo ini memiliki daya Tarik karena pemandangan alamnya sekaligus dapat melihat Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Unik! Ini Cara Desa Promosikan Waduk Bade & Bukit Wonopotro di Boyolali

Tempat wisata ini dibuka selama 24 jam, sehingga pengunjung dapat datang kapan saja.

2. Kebun Raya Indrokilo

Kebun Raya Indrokilo dibentuk atas kerja sama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan Pemerintah Kabupaten Boyolali sejak 2013.

Lokasinya di Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali. Kebun ini bisa ditempuh sekitar 5 menit dari pusat pemerintahan Kabupaten Boyolali.

Destinasi wisata ini memiliki luas 8,9 hektar yang memiliki tema Tumbuhan Hutan Hujan Dataran Rendah Jawa Bagian Timur.

Baca juga: Ada Ikon Boyolali di Busana Pengantin Wahyu Merapi Pacul Goweng

Dilansir dari situs resmi kebunrayaindrokilo.boyolali.go.id, taman ini buka setiap Selasa hingga Minggu pada pukul 08.00 WIB – pukul 16.00 WIB. Taman ini tutup pada Senin. Kecuali jika Senin masuk dalam tanggal merah.

3. Candi Lawang Boyolali

Destinasi wisata ini menjadi pilihan yang dikunjungi dan mendapat rating 4,1 dengan 134 ulasan Google. Terletak di Dk Dangeyan,Gedangan, Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57362, Dusun I, Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57362.

Destinasi wisata ini merupakan perpaduan dari wisata sejarah dan juga wisata alam. Wisata ini terletak di tengah taman yang dikelilingi dengan pepohonan yang rindang.

4. Air Terjun Kedung Kayang

Baca juga: Serunya Lewati Jembatan Kali Apu Klakah Boyolali, Pemandangannya Amboi!

Destinasi wisata ini merupakan salah satu wisata air terjun yang ada di Boyolali. Air terjun di sini cukup tinggi dan letaknya di bawah lembah sehingga perlu turun terlebih dahulu untuk dapat bermain di air terjun.

Walaupun tidak ingin bermain air terjun, menikmati pemandangan air terjun dari atas gardu pandang dapat melihat Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Wisata ini terletak di Desa Wonolelo kedung kayang, Nagrong, Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56411.

5. Lembah Gunung Madu

Destinasi wisata ini mendapat rating 4,0 dengan 2.852 ulasan local guide. Wisata ini merupakan area rekreasi dengan panorama bukit berhutan, pagoda, kotam dan patung untuk berfoto, dan luncur gantung.

Baca juga: Oase Park Boyolali, Wisata Baru yang Instagramable, Ini Foto-Fotonya

Berlokasi di Jl. Raya Simo-Klego KM.5, Gunung Madu, Simo, Tanjung, Klego, Area Sawah/Kebun, Kedunglengkong, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57385.

6. Bukit Kinasih Boyolali

Objek wisata ini berlokasi di Desa Senden, Kecamatan Selo. Destinasi wisata ini memiliki keindahan alam yang menarik dan juga akan mendapat sensasi berkendara melewati jalan menanjak dan berkelok-kelok.

Saat mengunjungi tempat ini, perlu persiapan fisik dan kendaraan agar dalam perjalanan hingga lokasi lancar dan selamat.

Destinasi wisata ini disebut hits di Boyolali karena dengan suguhan pemandangan alam yang ciamik dan jalan ekstrem untuk memacu adrenalin.

Baca juga: Spot Selfie Anyar Lur… Ini Harga Tiket Masuk Oase Park Boyolali



Dengan rating 4,6 dan 81 ulasan, tempat ini banyak dikunjungi pendatang. Buka setiap hari dan buka selama 24 jam.

7. Bukit Gancik Selo Boyolali

Wisata ini merupakan pos pengamatan puncak bukit dengan panorama Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang indah dari tempat pengamatan. Beralamat di Dukuh Selo Nduwur, Desa Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57363.

Bukit Gancik menjadi salah satu destinasi wisata Boyolali yang juga punya pemandangan alam yang indah. Bukit Gancik berlokasi tepat di dekat lereng Gunung Merapi.

Wisata ini memiliki lanskap yang menarik dengan warna hijau asri.

Baca juga: Wisata Kali Pepe Land Boyolali Mendadak Jadi Pasar Tumpah, Ada Apa?

Destinasi wisata Bukit Gancik ini dibuka selama 24 jam dengan menarifkan harga tiket masuk sebesar Rp10.000. Mendapat rating 4,3 dengan 1.412 ulasan Google oleh local guide.

8. Oemah Bamboo Boyolali

Wisata Oemah Bamboo memiliki banyak spot foto yang cocok bagi pengunjung yang suka berfoto. Spot yang paling digemari adalah panggung berbentuk segi delapan yang terbuat dari bambu rakitan.

Selain itu juga spot-spot lain terlihat apik karena memiliki latar pemandangan Gunung Merapi dan bukit-bukit hijau. Wisata ini memiliki rating 4,2 dengan 436 ulasan.

Beralamat di Plalangan, Dusun III, Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah 57363. Buka setiap hari mulai pukul 08.00WIB dan tutup pukul 17.00 WIB.

Baca juga: Banyak Objek Wisata, Selo Boyolali Malah Enggak Punya Hotel?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya