SOLOPOS.COM - Mie Ongklok Wonosobo (Sumber: Detik.com)

Solopos.com, WONOSOBO — Mi ongklok merupakan salah satu makanan khas Kabupaten Wonosobo. Sajian mi ini terbilang unik karena selain dimasak dengan kaldu, dan juga disajikan dengan kol dan daun kucai.

Campuran mi dan sayuran ini dicelup-celupkan selama beberapa menit dalam air mendidih. Teknik ini dinamakan ongklok. Karena itulah mi ini disebut dengan nama mi ongklok karena teknis pengolahannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu, mi ongklok ini disajikan dengan beberapa kondimen, seperti satai sapi berbumbu kacang dan aneka baceman sehingga terdapat sensasi manis di dalamnya. Seperti yang telah diberitakan Solopos.com sebelumnya, mi ongklok ini pernah dijadikan salah satu makanan yang dikompetisikan di ajang memasak di salah satu stasiun televisi swasta, Masterchef Indonesia Season 8.  Mi Ongklok ini dibuat oleh salah satu kontestan yang memang berasal dari Wonosobo

Baca Juga:5 Wisata Kuliner Lezat Khas Kota Purwokerto, Yuk Icip!

Berbicara mengenai mi ongklok, ada 5 warung di Wonosobo yang terekomendasi menjual sajian khas ini dengam rasa yang enak, di mana saja itu? Ini dia 5 warung mi ongklok di Wonosonbo:

Mi Ongklok Longkrak

Jika wisatawan berkunjung di dataran tinggi Dieng dan merasa lapar, pengunjung bisa langsung datang ke warung yang berlokasi di Jalan Pasukan Ronggolawe No 14. Mi ongklok racikan Pak Waluyo ini dikenal enak dan legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1975.

Cuaca yang dingin di kawasan Dieng membuat pengunjung pasti tergoda untuk menyantap mi ongklok karena dapat memberikan sensasi hangat di tubuh.

Mi Ongklok Pak Muhadi

Mengutip Detik.com, rumah makan mi ini selalu dipadati pengunjung. Pengunjung yang datang biasanya  memakan tempe kemul dan geblek sambil menunggu pesanan mi ongkloknya matang. Semangkok mi ongklok ini disajikan dengan irisan kol dan topping bumbu sate dan kuah kental yang sangat enak.

Baca Juga: 5 Wisata Alam Banyumas yang Memukau

Mi Ongklok Bu Umi

Mi ongklok racikan Bu Umi ini juga terkenal enak. Mi kuning ditambah dengan kol yang sudah direbus kemudian diguyur kuah kental yang dibuat dari tepung kanji dan ditabur dengan cincangan daun kucai, taburan bawang goreng dan potongan cabai rawit hijau

Resto Ongklok Wonosobo

Tempat ini juga menyajikan hidangan mi ongklok yang enak, dinikmati dengan kol rebus, tempe kemul hingga tambahan sate yang sedap enak. Bukan seperti warung biasa, resto ini juga memiliki fasilitas lain, seperti ruang olahraga hingga tempat bermain

Mi Ongklok Pak Suko

Berbeda dengan mi ongklok yang lain. Mi Ongklok Pak Suko yang beralamat di Jalan Dieng KM. 18, Kejajar, Wonosobo. Mi kuning yang diongklok dengan kol rebus dan disiram kuah jenang kental makin enak disandingkan dengan bakso yang empuk kenyal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya