SOLOPOS.COM - Ilustrasi bakso Wonogiri. (Pictagram)

Solopos.com, WONOGIRI -- Salah satu kuliner populer dan enak di Wonogiri adalah bakso. Meski bukan makanan khas atau asli di daerah itu, bakso Wonogiri dikenal enak dan lezat. Bahkan banyak warga Wonogiri yang berjualan bakso di berbagai daerah di Indonesia.

Warung bakso atau mi ayam bakso enak banyak ditemui di daerah Wonogiri, khususnya di daerah perkotaan Wonogiri. Berikut sejumlah warung bakso di  Wonogiri kota yang wajib dicicipi berdasarkan rekomendasi Solopos.com:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

1. Bakso Pak Haji Bagong

Bagi pecinta bakso urat, tempat makan ini sangat recommended. Bakso di warung ini berukuran besar. Biasanya dalam satu porsi disajikan dua bakso berukuran besar. Jika kurang suka, ada bakso yang berukuran kecil juga. Selain bakso, di warung itu juga menjual mi ayam dan tahu kupat bakso.

Lokasi warung Bakso Pak Haji Bagong berada di Jl. Pelem 1, Giritirto, Wonogiri, Sabggrahan, Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, tepatnya berada di sebelah timur Pasar Wonogiri Kota. Lokasi atau tempat makannya cukup luas. Jadi tidak usah khawatir kalau bawa rombongan.

Baca juga: Omah Watu di Wonogiri Jadi Lokasi Wisata

2. Bakso Titoti

Bagi pecinta bakso, tentu sudah tidak asing lagi mendengar Bakso Titoti. Selain dikenal sajian baksonya yang gurih, kenyal dan lembut, bakso ini sudah mempunyai sejumlah cabang di berbagai daerah, terutama di Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Selain bakso, warung Titoti juga menyajikan mi ayam dan siomay.

Di Wonogiri, warung Bakso Titoti berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri, tepatnya berada di daerah utara Makodim 0728/Wonogiri. Selain itu Bakso Titoti juga buka di Jalan Raya Ponorogo-Wonogiri, tepatnya di Brubuh, Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri.

bakso titoti wonogiri
Warung Bakso Titoti di Jl. Jenderal Sudirman, Giritirto, Kecamatan Wonogiri, Wonogiri. (Solopos-M. Aris Munandar)

3. Bakso Rudal

Di warung ini, satu porsi disajikan dengan dua bakso berukuran kecil dan satu berukuran besar. Rasa daging sapinya terasa dan terasa lezat.

Bagi pecinta bakso yang ingin mencicipi bakso ini langsung datang saja ke Jalan Jendral Sudirman No.17, Giritirto, Wonogiri Kota, tepatnya di sebelah utara bagian barat Toserba Baru. Jika dari Bangjo Ponten Wonogiri ke arah selatan, warung berada 50 meter di sebelah barat jalan.

Baca juga: Pemkab Sukoharjo Pengin Bikin Pusat Oleh-Oleh Gandeng UMKM Lokal

4. Bakso Gajah Mungkur

Nama bakso ini sesuai dengan ikon tempat wisata Kabupatan Wonogiri yakni Waduk Gajah Mungkur. Bakso ini juga direkomendasikan bagi para pecinta bakso urat. Warung ini juga menyajikan mi ayam. Bagi yang datang ke warung ini dengan kondisi lapar, bisa minta tambahan nasi putih.

Lokasi warungnya cukup strategis, berada di sebelah timur Pasar Kota Wonogiri atau Terminal Wonogiri Kota, tepatnya di Jalan Dr. Cipto, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri Kota.

bakso gajah mungkur wonogiri
Warung Bakso Gajah Mungkur di Jl. Dr. Cipto, Kelurahan Giripurwo, Kecamatan Wonogiri Kota, Wonogiri. (Solopos-M. Aris Munandar)

5. Bakso Raksasa

Selain lezat, Bakso Raksasa ini juga ada campuran iganya saat disajikan. Sehingga ketika menikmati bakso ini lebih lezat dan lebih terasa daging sapinya. Lokasi warung ini berada di Jl. RM Said, Singodutan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya