SOLOPOS.COM - Kampus UNS Solo (Solopos-dok)

Solopos.com, SOLO — Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo akan membangun kampus baru di Jakarta pada tahun depan. Kampus tersebut untuk memfasilitasi alumnus UNS di Ibu Kota yang ingin studi lanjut jenjang S2 dan S3.

UNS menyiapkan anggaran sekitar Rp50 miliar untuk proyek tersebut. Belakangan, UNS memang intens memperluas jaringan kampus di sejumlah daerah di Indonesia. Belum lama ini mereka membuka Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) untuk Sekolah Vokasi (SV) UNS di Caruban, Kabupaten Madiun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rektor UNS Solo, Jamal Wiwoho, membeberkan rencana pembangunan kampus di Jakarta saat menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) V Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UNS di Ruang Sidang Senat Gedung Rektorat dr Prakosa UNS, Minggu (5/12/2021). “UNS akan mencari kampus di Jakarta tahun 2022 mendatang, mohon doanya,” ujar Jamal.

Baca Juga: Pakai Kalung Bandul Rajamala, Wali Kota Solo Gibran Tuai Pujian

Jamal menerangkan dengan pembukaan kampus di Jakarta, alumnus UNS di Ibu Kota yang ingin studi lanjut ke jenjang S2 dan S3 tidak perlu datang kembali ke Solo untuk meneruskan studi. Hal ini memudahkan sejumlah alumnus yang rata-rata sudah bekerja di Jakarta.

Kerja Sama Stakeholders

Selain itu stakeholders UNS juga dapat terfasilitasi dalam hal kerja sama tertentu. UNS tak main-main dalam merealisasikan rencana ini. Selain mencari lokasi yang cocok untuk pembukaan kampus baru, UNS telah menyiapkan anggaran Rp50 miliar.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerja Sama Bisnis dan Informasi UNS Solo, Sajidan, mengatakan anggaran pembangunan kampus di Jakarta tersebut sudah masuk dalam Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) 2022 dan telah disetujui Majelis Wali Amanat (MWA) UNS.

Baca Juga: Ada MCK Kuno Era Mangkunagoro VII di Kestalan Solo, Begini Sejarahnya

“Rencana pembukaan kampus cabang Jakarta adalah bentuk kerja sama UNS dengan stakeholders di Jakarta. Alumni di sana juga mendapat akses melanjutkan pendidikan yang lebih dekat.”

Sajidan menambahkan kampus baru di Jakarta juga akan dipakai sebagai Kantor Perwakilan UNS. Kantor itu untuk memfasilitasi kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kami juga menawarkan program kerja sama dengan PPATK, BPK, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kejaksaan Agung, dan juga stakeholders IKA UNS di Jakarta dan sekitarnya.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya