SOLOPOS.COM - Ilustrasi tol. (JIBI/Bisnis/Suselo Jati)

 Solopos.com, JAKARTA – Jalan tol Bali-Mandara terus dipercantik untuk menyambut tamu negara yang akan hadir di Bali menyusul digelarnya Presidensi G20.

Baca Juga: 2 Hari Lagi, Delegasi 26 Negara Kumpul di Solo untuk Pertemuan G20

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemerintah terus melakukan persiapan salah satunya mempercantik jalan tol Bali-Mandara yang memiliki peran penting sebagai salah satu infrastruktur yang menghubungkan Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua.

Dilansir dari keterangan resminya, Minggu (27/3/2022), Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan jalan tol Bali – Mandara merupakan salah satu jalan tol atas air terpanjang di dunia. Jalur itu akan dilintasi para pemimpin negara G20 saat Presidensi G20 tahun 2022 di Provinsi Bali.

Baca Juga: Sambut Delegasi G20 ETWG di Jogja, Ini Persiapan PLN & Kementerian ESDM

Berbagai kesiapan di jalan tol ini diwujudkan dalam program beautifikasi dan penataan lanskap yang selaras dengan komitmen untuk mewujudkan jalan tol berkelanjutan. Adapun, program beutifikasi dan penataan lanskap di jalur tersebut di antaranya pembuatan lanskap taman di setiap akses masuk tol, median tol, penanaman mangrove di area interchange Ngurah Rai dan penanaman mangrove di KM 3 berbentuk G20.

Baca Juga: Indonesia Pegang Presidensi G20, Apa Itu G20?

Selain itu, dilakukan pengecatan ulang untuk barrier pembatasan jalan tol dan railing motor, pembersihan dan mempercantik gerbang tol, hingga pembersihan tiang pancang. Dilakukan juga pemasangan karya seni patung penari Bali di masing–masing akses masuk tol.

Selanjutnya, dilakukan pemasangan fasilitas pembangkit listrik tenaga surya bekerja sama dengan PT Bukit Energi Investama. Pemasangan ornament khas Bali pada lampu penerangan jalan,  serta penataan fisik gerbang tol yang terinspirasi dari bentuk angkul-angkul Bali.

Berita ini sudah tayang di Bisnis.com dengan judul: Persiapan Presidensi G20, Jalan Tol Bali-Mandara Dipercantik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya