SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja Kain Lukis Nasrafa, Solo, tengah menyelesaikan pesanan dari Jepang, belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Salah satu produk UKM asal Solo kain lukis Nasrafa menjadi satu dari sekian produk UKM Indonesia yang akan dipamerkan di Sirkuit Mandalika pada seri kedua balapan MotoGP di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, 18-20 Maret 2022.

Pemilik usaha kain lukis Nasrafa, Yani Mardiyanto, mengatakan pada Senin (7/3/2022) pagi sudah mulai mengemas produk-produk yang akan dikirim ke Mandalika, Lombok. Produk-produk tersebut di antaranya tas goni lukis, tas kecil goni lukis, caping lukis, masker lukis, dan sebagainya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Wow, Produk Kain Lukis UMKM Solo Nasrafa Terbang ke Jepang Akhir Maret

“Sebelumnya kami ada seleksi dari Kementerian Koperasi dan UKM berdasarkan usulan dari Dinas Koperasi UKM Jawa Tengah. Ada sekitar 115 UKM [dari berbagai daerah di Indonesia] termasuk Nasrafa. Setelah itu tim juga datang langsung ke kami untuk melihat produk kami,” katanya kepada Solopos.com, Senin (7/2/2022).

Ia mengatakan meski event di Mandalika nanti adalah event balapan dan otomotif, namun Nasrafa tidak mengeluarkan produk kain lukis dengan motif MotoGP atau pun otomotif.

Baca Juga: Perhatian! Jumlah Penonton MotoGP Mandalika Dikurangi jadi 60.000 Orang

Motif Khas

Motif yang dikirim ke Mandalika untuk pameran tersebut adalah motif-motif khas UKM asal Solo tersebut, seperti bunga, panorama, dan sebagainya. “Sebenarnya kami juga sudah menyiapkan motif sesuai tema, tapi diarahkan untuk tetap menampilkan motif khas kami,” katanya.

Berdasarkan informasi yang ia dapatkan, ada sejumlah kategori UKM yang terlibat pameran nantinya. Ada 26 UKM kategori otomotif, 38 UKM kategori suvenir dan merchandise, lima UKM produk kesehatan, dan 45 UKM kuliner.

Baca Juga: 23 Hotel Disiapkan untuk Travel Bubble Pembalap MotoGP Mandalika

Balapan MotoGP di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika pada 18-20 Maret nanti merupakan seri kedua dari kejuaraan MotoGP 2022 yang rencananya berlangsung 21 seri. Seri perdana di Sirkuit Losail, Qatar, sudah berlangsung pada Jumat-Minggu (4-6/3/2022).

Pembalap Italia dari tim Gresini, Enea Bastianini, memenangi seri perdana tersebut untuk kelas MotoGP. Kelas Moto2 dimenangi Celestino Vietti dari tim Mooney VR46 Racing Team sedangkan kelas Moto3 juga dimenangi pembalap Italia, Andrea Migno, dari tim Rivacold Sniper Team. Balapan pada Minggu (20/3/2022) selaligus menjadi balapan perdana MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya