SOLOPOS.COM - Iwan Triyanto. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Calon anggota legislatif atau caleg Partai Demokrat untuk DPRD Solo pada Pemilu 2024, Iwan Triyanto, ternyata pernah mendaftar sebagai calon Wali Kota Solo lewat PDIP pada Pilkada 2020 lalu.

Politikus berusia 37 tahun mengaku pernah mendaftar sebagai cawali ke DPD PDIP Jateng namun tidak lolos. Kini ia bersiap maju sebagai caleg DPRD Solo dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV Solo yang meliputi Kelurahan Nusukan dan Kadipiro.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Saya belum pernah maju sebagai caleg. Tapi dulu pernah mendaftar sebagai calon Wali Kota Solo lewat PDIP, di DPD Jateng,” ungkap Iwan saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (8/11/2022).

Warga RT 005/RW 003 Sekip, Kelurahan/Kecamatan Banjarsari, Solo, memilih bergabung  dan menjadi caleg dari Partai Demokrat karena menilai partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu terbuka terhadap siapa saja yang ingin mengabdikan diri untuk masyarakat.

Selain itu, menurut dia, banyak kaum milenial yang bergabung Partai Demokrat. “Ya di mana yang ada celah untuk berbuat baik, wadahnya apa saja, ya ayo. Apalagi Partai Demokrat ini terbuka menurut saya,” ungkap bapak dari dua orang anak itu.

Baca Juga: Supriyanto Nyaleg Lagi di Pemilu 2024, Partai Demokrat Incar 5 Kursi DPRD Solo

Iwan mengaku alasannya maju sebagai caleg DPRD Solo karena ingin memberikan sumbangsih positif untuk warga Solo. Menjalankan fungsi sebagai wakil rakyat, menurutnya merupakan bagian dari ibadah.

“Ya ibadah untuk masyarakat. Ada unek-unek apa di masyarakat, kekurangannya apa, kami perjuangkan. Untuk persiapan tidak ada yang khusus, sama dengan caleg lain,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua DPC Partai Demokrat Solo, Supriyanto, mengonfirmasi Iwan Triyanto pernah mendaftarkan diri sebagai Cawali Solo ke DPD PDIP Jateng pada 2020 lalu. Pemuda itu menurutnya kini bergabung dengan Partai Demokrat Solo dan menjadi caleg unggulan untuk DPRD Solo.

Baca Juga: Tak Mau Kalah, Partai Demokrat Siapkan 3 Caleg Wajah Baru untuk DPRD Solo 2024

Supriyanto menjelaskan memang tengah menjaring caleg untuk maju di Pemilu 2024. Figur yang dijaring tidak hanya dari internal atau kalangan kader, tapi juga dari eksternal. “Yang dari eksternal ini dari kalangan tokoh-tokoh masyarakat Solo,” sambungnya.

Supriyanto mengatakan saat ini caleg Partai Demokrat untuk DPRD Solo baru terjaring sekitar 50 persen dari kuota 45 orang. Dia menargetkan Partai Demokrat bisa mendapatkan sedikitnya 90 persen dari kebutuhan 45 orang. “Tapi semoga bisa maksimal,” urainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya