SOLOPOS.COM - Overpass DI Panjaitan akan dibongkar untuk ditinggikan terkait lanjutan proyek elektrifikasi kereta rel listrik (KRL) Stasiun Solo Balapan - Stasiun Palur. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Jalur kereta rel listrik atau KRL dari Stasiun Solo-Balapan sampai Stasiun Palur di Kabupaten Karanganyar diuji coba pada Selasa (5/4/2022).

Uji coba melibatkan Direktorat Prasarana Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian, Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, PT KAI Daop VI Yogyakarta, dan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Jawa Bagian Tengah Area III, Albertus Dito, menjelaskan Direktorat Prasarana Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian, BTP Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, PT KAI Daop 6 Yogyakarta, dan PT KCI melakukan tes commisioning sinkronisasi sarana dan prasarana.

Baca Juga: KRL Solo-Palur Segera Beroperasi, Bisa Diperpanjang Sampai ke Sragen?

“Tadi mulai pukul 08.34 WIB dari Stasiun Balapan Solo sampai Palur,” katanya kepada Solopos.com melalui sambungan telepon, Selasa siang.

Dito mengatakan tes commisioning sinkronisasi sarana dan prasarana KRL Solo Balapan sampai Stasiun Palur dilakukan tiga trip atau tiga kali perjalanan pergi-pulang. Kecepatan kereta bertahap, mulai trip pertama 40 km/jam, kedua 60 km/jam, dan kecepatan 90/jam pada tes trip ketiga.

Pembangunan Elektrifikasi

“Evaluasinya nanti setelah uji coba, kami evaluasi bersama. Tapi sejauh ini lancar tidak ada kendala,” ungkapnya. Dia mengatakan tes commisioning sinkronisasi sarana dan prasarana Stasiun Balapan Solo-Stasiun Palur rencananya masih terus dilakukan pada Rabu (6/4/2022) pukul 08.30 WIB, sekitar 11.00 WIB sampai pukul 13.30 WIB. Uji coba juga akan dilakukan pada pekan depan.

Baca Juga: Target 2023 Beroperasi, Jaringan Listrik Jalur KRL Solo-Palur Dipasang

Sebelumnya diberitakan, Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Tengah terus mengebut pembangunan elektrifikasi Stasiun Solo Balapan sampai Stasiun Palur untuk mendukung pengoperasian kereta rel listrik atau KRL.

Elektrifikasi jalur itu telah dimulai sejak 2020, didahului dengan pekerjaan gardu dan listrik aliran atas antara Stasiun Solo Balapan-Solo Jebres, serta penataan track layout Stasiun Solo Jebres.

Kemudian pada 2021, kedua pekerjaan itu dilanjutkan ditambah dengan pembangunan depo perawatan kereta rel listrik (KRL) serta pengoperasian KRL Solo Jebres-Palur. Gardu listrik di Stasiun Jebres untuk elektrifikasi KRL berdaya 5 MW.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya