SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, saat melakukan video conference menghadiri dalam acara penutupan Bulan Inklusi Keuangan 2020 yang digelar OJK, Kamis (5/11/2020). (Semarangpos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SOLO -- Pemilihan presiden (Pilpres) masih empat tahun lagi, namun gaungnya sudah terdengar belakangan ini, Sejumlah pejabat publik mulai disebut-sebut sebagai calon presiden potensial di Pilpres 2024. Dari sederet nama tersebut, ada sosok Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Politikus PDIP itu menjadi salah satu kandidat yang memiliki elektabilitas tertinggi di antara kandidat lainnya menurut sejumlah survei. Namun ia masih kalah dari seniornya, siapa?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, masih menempati urutan pertama tokoh dengan elektabilitas tertinggi berdasarkan survei Populi Center. Angkanya 18,3%. Baru di bawahnya ada Ganjar Pranowo dengan 9,9%. Menyusul di belakanng keduanya secara berurutan yakni Gubernur DKI Jakarta, Anies Basweda (9,5%), Ustaz Abdul Somad (6,2%), dan Ridwal Kamil (5,8%).

Ganjar Pastikan Warga Balerante Siap Menghadapi Erupsi Merapi

Menurut pendapat analis politik dan ekonomi Rustam Ibrahim, jika Prabowo maju lagi menjadi calon presiden, maka yang paling prospektif memenangkan pilpres 2024 adalah pasangan Prabowo-Ganjar Pranowo.

Dengan catatan, kata Rustam, mereka harus memberi konsesi yang besar kepada Nahdlatul Ulama dan perwakilan Islam moderat lainnya.

Dalam survei itu, sederet tokoh juga punya peluang, tetapi elektabilitas mereka di bawah lima persen. Mereka adalah Sandiaga Salahudin Uno (4,8%), Tri Rismaharini (4,2%), Agus Harimurti Yudhoyono (3,8%), Gatot Nurmantyo (2,4%), dan Khofifah Indar Parawansa (2,2%).

Blusukan Bareng ke Pasar Klithikan Solo, Ini Saran Ganjar untuk Gibran Jelang Debat Publik

Prabowo yang telah dua kali dikalahkan Joko Widodo di Pemilu, dalam sejumlah survei terhadap elektabilitas, menempati peringkat atas.

Peluang Puan

Sedangkan survei yang dilakukan oleh lembaga Center for Political Communication Studies yang dirilis 11 Maret 2020 lalu, menyebutkan Prabowo berpeluang kembali maju pada pemilu 2024 karena memiliki elektabilitas tertinggi, yakni 22,7%. Sementara, Anies Baswedan membayangi (13,8%), disusul cawapresnya Prabowo pada pemilu 2019, Sandiaga Uno (12,1%).

Selanjutnya, elektabilitas Ganjar Pranowo (8,5%), Ridwan Kamil (5,8%), Menteri BUMN Erick Thohir (4,1%), Ketua DPR Puan Maharani (3,6%), Walikota Surabaya Tri Rismaharini (2,9%), dan Menkopolhukam Mahfud MD (1,6%).

Ganjar: Jateng Masuk Tiga Besar Terbaik Penanganan Covid-19

Dalam focus group discussion yang digelar guna menjaring aspirasi pemilih milenial, dipasangkan sejumlah nama yang berpeluang untuk dimajukan dalam pilpres 2024.

Dari hasil survei kepada masyarakat, pasangan Prabowo-Puan unggul dengan elektabilitas 32,1%, tetapi ditempel ketat oleh Anies-Sandi (29,8%) atau hanya terpaut sekira 2%. Paket Prabowo-Puan diperkirakan menjadi kandidat kuat yang bakal diusung koalisi PDIP-Gerindra.

Meskipun demikian, langkah tersebut juga mendapat tantangan dengan menguatnya elektabilitas baik Anies maupun Sandi. Jika dipasangkan, kekuatan Anies-Sandi mampu mengganjal elektabilitas Prabowo-Puan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya