SOLOPOS.COM - Sejumlah pramusaji tengah menata tempat makanan prasmanan dan menghias meja makan saat test food pernikahan Kaesang-Erina di Pendapa Agung Pura Mangkunegaran, Selasa (29/11/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO — Para tamu undangan pesta nikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran Solo, yang tidak menginap di 12 hotel prioritas, akan dibantu mobilitasnya dari lokasi parkir menuju lokasi menggunakan becak dan andong.

Lokasi parkir tersebut yakni area Stadion Manahan dan Benteng Vastenburg. Sedangkan tamu undangan yang menginap di 12 hotel prioritas akan disediakan shuttle bus untuk mengantar mereka ke Pura Mangkunegaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Informasi itu disampaikan Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Al-Qudussy, melalui pesan Whatsapp kepada wartawan, Senin (5/2/2022). “Tamu yang tidak menginap di 12 hotel, parkir kendaraan disiapkan di Manahan dan Benteng Vastenburg. Kemudian tamu diantar menggunakan becak dan andong ke Pura Mangkunegaran,” terangnya.

Pelibatan becak dan andong dinilai sangat luar biasa karena bisa menambah penghasilan untuk mereka. Selain itu mereka bisa berpartisipasi di acara besar nikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, di Solo.

Terlebih penarik becak dan andong yang akan dilibatkan tidak hanya dari Solo, tapi Soloraya. “Teman-teman abang becak dan tukang andong Soloraya dilibatkan, dapat penghasilan sekaligus berpartisipasi untuk acara itu,” urai dia.

Baca Juga: Keluarga Presiden Jokowi Tegaskan Tak Terima Sumbangan pada Pernikahan Kaesang

Iqbal menjelaskan 12 hotel prioritas di Solo bagi tamu undangan pernikahan Kaesang di antaranya Lorin Hotel, Hotel Alila, The Sunan Hotel, Swiss Belinn Saripetojo Hotel, Solia Solo Hotel, Aston Hotel, Haris Hotel, Hotel Paragon, Hotel Novotel, Sahid Hotel, dan Swiss Belhotel.

Dari situ mereka akan diantar pakai shuttle bus. Ada 220 shuttle bus yang disiapkan panitia pesta nikahan Kaesang dengan Erina untuk membawa mereka ke Pura Mangkunegaran Solo.

Diberitakan sebelumnya, tamu undangan pernikahan Kaesang-Erina di Solo mencapai sekitar 6.000 orang. Polda Jateng telah menyiapkan sistem pengaturan arus lalu lintas agar tak terjadi kemacetan dan kepadatan lalin.

Baca Juga: Tak Hanya CFD, Sederet Agenda Tetap Jalan Meski Ada Pernikahan Kaesang di Solo

Di sisi lain, agenda-agenda rutin maupun insidental yang disiapkan dalam waktu bersamaan atau berdekatan dengan jadwal acara pesta nikahan Kaesang di Solo juga dipastikan tetap jalan. Polda Jateng menjamin keamanan agenda-agenda tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya