SOLOPOS.COM - Proyek pengerjaan rel layang Joglo Solo memasuki tahap II berupa pembangunan pilar jembatan rel. Foto diambil Kamis (18/8/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Tahap kedua pengerjaan rel layang di Simpang Joglo Solo sudah dimulai pada pertengahan Agustus 2022. Rencananya pekerjaan tahap kedua berupa pemasangan pilar jembatan ini akan berlangsung hingga Februari 2023.

Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) juga sudah mulai diterapkan di kawasan Simpang Joglo. Jl Manunggal dan Jalan Raya Solo-Purwodadi kini menjadi satu arah karena adanya penyempitan jalan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu pagar pembatas juga sudah dibangun untuk mempermudah pengerjaan rel layang. Tahap kedua ini akan dimulai dengan pembangunan fondasi tiang di mana pelaksana proyek akan menggunakan teknik bored pile atau membuat fondasi dengan bantuan mesin bor.

Site Manager Proyek Pembangunan Jalur KA Elevated Solo Balapan-Kadipiro, Dendy Purbowo, saat diwawancarai Solopos.com, Kamis (18/8/2022), menyebut saat ini proyek rel layang Joglo sudah mulai proses pengerjaan bored pile untuk pilar jembatan. Pengerjaan dilakukan dari pagi hingga malam hari.

“Untuk tahap kedua kami akan mengerjakan bored pile dan pembuatan pilar jembatan. Saat ini sedang dikerjakan untuk bored pile-nya terlebih dahulu, akan memakan waktu dua bulan untuk pengerjaannya,” ujarnya.

Baca Juga: Proyek Simpang Joglo Solo, Mulai Hari Ini Jl Kol Sugiyono Jadi Searah

Jumlah lokasi bored pile cukup banyak, yakni 86 lokasi yang semuanya akan menjadi bagian penting dari pembangunan rel layang tersebut. “Nantinya ada 86 lokasi untuk pemasangan bored pile ini, yang akan dikerjakan sebagai fondasi utama dari pemasangan rel layang,” lanjutnya.

Timeline pengerjaan pembangunan rel layang di Simpang Joglo, Solo, terbagi dalam lima tahap yang diharapkan selesai pada 2023. Setelah selesai mengerjakan detour track dan pembangunan saluran sementara, pembangunan rel layang saat ini memasuki tahap II yakni pemasangan struktur pilar jembatan.

Pekerjaan pemasangan struktur pilar jembatan dijadwalkan mulai Agustus 2022-Februari 2023. Diberitakan sebelumnya, pengerjaan dikebut dari pagi sampai malam agar selesai tepat waktu.

Baca Juga: Jalan Kolonel Sugiyono Solo Searah, Kendaraan Berat Dialihkan ke Mana?

Selain itu, ada penyempitan jalan karena pemasangan pagar pembatas. Akibatnya, Jl Kolonel Sugiyono dan Jalan Solo-Purwodadi diberlakukan satu arah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya