SOLOPOS.COM - Waduk Rancang di Dusun Rancang, Desa Rancang, Kecamatan Lamongan yang jebol akibat tingginya tekanan air. ANTARA/HO-Pemkab Lamongan

Solopos.com, LAMONGAN — Waduk Rancang yang berada di Dusun Rancang, Desa Rancang, Kecamatan Lamongan, Jawa Timur, jebol, Kamis (7/4/2022) dini hari. Penyebab waduk ini jebol diduga karena kondisi tanah tanggul yang sudah kritis dan debit air waduk yang melebihi kapasitas.

Bupati Lamongan, Yuhronur Erfandi, mengatakan Waduk Rancang jebol dengan lebar sekitar 2 sampai 3 meter dan panjang sekitar 3 sampai 4 meter. Akibat waduk jebol ini mengakibatkan genangan air setinggi kurang lebih 30 sampai 40 sentimeter di empat RT. Waduk jebol ini juga mengancam banjir sekitar 150 keluarga yang ada di sekitar lokasi.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Untuk mengantisipasi sebelum terjadi ketinggian genangan air yang ditimbulkan dari jebolnya Waduk Rancang ini, kata Yuhronur, pemerintah memperbaiki waduk tersebut.

Baca Juga: Kecelakaan di Tol Madiun, Mobil Anggota DPRD Kediri Nyemplung di Parit

“Tanggul tersebut saat ini sedang diperbaiki menggunakan alat berat serta dibantu dengan alat guna penanggulangan banjir dari BPBD Kabupaten Lamongan,” kata Yuhronur yang dikutip dari Antara.

Dia menuturkan pola antisipasi yang dilakukan adalah ditutup dengan tanah. Hal ini supaya tekanan air yang keluar tidak terllau deras, sebab limpahan air sudah sampai pada 97%.

Baca Juga: Bocah Ngawi yang Tenggelam di Bengawan Madiun Ditemukan Meninggal

“Mudah-mudahan perbaikan tidak larut, sebab saat ini telah dilakukan metode penutupan jebolan waduk dengan memasang bambu dulu, setelah itu ditutup dengan tanah. Mudah-mudahan kalau ini sudah teratasi, baru tanggul-nya nanti akan kami kuatkan lagi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya