SOLOPOS.COM - Masyarakat ramai berdatangan ke Waduk Pidekso pada libur tahun baru, Sabtu (1/1/2022). (Solopos.com/Luthfi Shobri Marzuqi)

Solopos.com, WONOGIRI — Semenjak diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (28/12/2021), banyak masyarakat yang penasaran dengan Waduk Pidekso di Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri. Sayangnya, Waduk Pidekso, terutama area fasilitas umumnya, hingga awal Tahun 2022 belum dibuka.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Sabtu (1/1/2022), banyak masyarakat dari berbagai wilayah di Wonogiri datang ke Waduk Pidekso. Ada yang datang bersama keluarga, teman, dan rombongan lainnya. Mereka datang bersepeda onthel, bermotor, mobil, hingga dalam rombongan truk. Karena belum dibuka, mereka pun harus menelan kekecewaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Agus Hartono, 50, salah satu pengunjung yang datang ke Waduk Pidekso bersama rombongan grup sepedanya, mengaku belum tahu jika waduk tersebut belum dibuka.

Baca Juga: Ada Museum dan Gardu Pandang di Area Fasum Waduk Pidekso Wonogiri

Ekspedisi Mudik 2024

“Biasanya pas ada tempat wisata baru, saya penasaran ingin tahu apa isinya. Seperti Waduk Pidekso ini yang baru diberitakan beberapa hari lalu, tapi memang enggak tahu kalau belum dibuka,” ujar Agus ketika ditemui Solopos.com di sela-sela istirahatnya.

Sama halnya dengan Kristanto, 48. Ia menjadi koordinator bagi rombongan satu RT dari Kecamatan Tirtomoyo yang ingin berwisata ke Waduk Pidekso. Tak cukup membawa mobil, Kristanto menggunakan dua truk untuk menampung warganya agar bisa berwisata bersama.

“Saya sendiri enggak tahu pasti sudah dibuka atau belum, tapi kabarnya warga yang tahu dari media sosial. Mereka juga ingin main kan, mumpung libur tahun baru juga,” kata Kristanto.

Baca Juga: Fasum Waduk Pidekso Wonogiri Sarat Pesan Religius dan Kearifan Lokal

Solopos.com meminta konfirmasi belum dibukanya area fasilitas umum (fasum) Waduk Pidekso kepada petugas keamanan yang sedang berjaga, Danang Suryo, 33.

Menurut Danang, area Waduk Pidekso belum dibuka karena masih dalam tahap penyelesaian. “Jadi kemarin itu baru diresmikan Presiden, tapi karena masih dalam tahap finishing, kami belum berani buka. Takutnya kalau terjadi apa-apa kami juga yang kena,” ujar Danang.

Ia menambahkan, sebelum diresmikan Presiden Jokowi, Waduk Pidekso sering dikunjungi masyarakat. Namun, setelah diresmikan pada Selasa (28/12/2021), makin ramai warga yang mengunjungi waduk.

Baca Juga: Tebar Ikan Gabus di Waduk Pidekso, Jokowi Diminta Tebar Nila

“Biasanya sore yang paling ramai. Ada polisi dan TNI juga yang patroli. Masyarakat kami suruh pergi dari area waduk karena terkait keamanan. Tapi ya begitu, hari ini disuruh pergi, besoknya [masyarakat] pada datang lagi,” kata Danang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya