SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video seekor anak rusa di Taman Balekambang Solo yang sedang mengalami luka pada kaki kirinya terlihat terduduk lemah. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Video yang menampakkan seekor anak rusa Taman Balekambang Solo dalam kondisi memprihatinkan karena mengalami luka pada kakinya beredar melalui pesan Whatsapp (WA), baru-baru.

Pengamatan Solopos.com, Kamis (28/7/2022), video berdurasi 30 detik tersebut menggambarkan kondisi seekor anak rusa yang sedang duduk di tanah. Di video itu terlihat kaki kiri anak rusa tersebut mengalami luka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Anak rusa itu terlihat bersama seekor rusa dewasa yang kemungkinan merupakan induknya. Video tersebut diduga diambil atau didokumentasikan oleh pengunjung. “Duh Solo gimana nih Solo, masa ada yang sakit enggak di urus,” ujar suara orang dalam video tersebut.

Dimintai tanggapannya mengenai hal tersebut, Kepala UPT Kawasan Wisata Taman Balekambang Solo, Sumeh, mengonfirmasi video anak rusa terluka itu memang diambil di Taman Balekambang Solo. Dia juga mengonfirmasi ada anak rusa yang mengalami luka atau sakit di bagian kaki.

Menurutnya, umur anak rusa itu belum ada satu bulan. “[Umur anak rusa yang sakit] Kurang lebih nggih satu bulan belum ada,” terangnya. Sumeh memperkirakan video itu diambil sekitar pekan lalu.

Baca Juga: Balekambang Solo Direvitalisasi, Ketoprak – Sendratari Pentas Di Mana?

Sudah Ditangani

Tapi ia tidak tahu siapa yang mengambil video tersebut dan mengunggahnya di media sosial (medsos) atau mengirimnya melalui pesan WA. Yang pasti menurutnya saat ini kondisi anak rusa itu sudah mulai membaik, walaupun belum benar-benar sembuh.

“Sudah kami periksakan rutin. Kami bawa ke puskeswan untuk diperiksa, juga kami masukkan ke kandang,” imbuhnya. Anak rusa itu juga diberi asupan gizi tambahan dengan minum susu dan makanan lain.

Sumeh berharap pengunjung tidak meragukan komitmen UPT Kawasan Wisata Taman Balekambang Solo dalam memelihara rusa dan hewan-hewan lain di taman itu. “Jadi pengunjung tidak usah ragu dengan komitmen kami untuk memelihara hewan dan juga tanaman,” harapnya.

Baca Juga: Taman Balekambang Solo Dianggap Sakral, Pengunjung Pernah Kesurupan

Ihwal penyebab luka anak rusa itu, Sumeh menduga karena diamuk oleh rusa jantan dewasa saat sedang berahi. Sebab saat ini menurut dia sedang masa berahi rusa-rusa jantan.

“Biasanya diamuk rusa jantan pas beerahi. Ini kan bulan-bulan berahi rusa jantan. Rusa jantan saat sedang berahi itu galak. Kadang pohon pun sampai diamuk,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya