Waduh! Tidur dengan Lampu Menyala Punya Efek Negatif

Ada sebagian orang punya kebiasaan tidur dengan lampu menyala.
Waduh! Tidur dengan Lampu Menyala Punya Efek Negatif
SOLOPOS.COM - Ilustrasi tidur dengan lampu menyala (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA--Bagi mereka yang takut kegelapan, tidur dengan lampu menyala sering jadi pilihan. padahal kebiasaan ini ternyata punya efek negatif terhadap kesehatan tubuh kita.

Simak ulasan tentang efek negatif kebiasaan tidur dengan lampu menyala ini di tips kesehatan kali ini. Paparan cahaya selama tidur membuat otak sulit untuk mencapai tidur yang lebih dalam.

Berikut ini efek tidur dengan lampu menyala sebagaimana melansir dari halodoc dan berbagai sumber, Sabtu (24/4/2021):

1. Depresi

Tidur dengan lampu menyala berkaitan langsung dengan depresi. Alasannya, cahaya biru dari perangkat elektronik menimbulkan efek negatif untuk suasana hati. Kurang tidur dapat menyebabkan kemurungan dan lekas marah pada orang dewasa. Sedangkan pada anak-anak, kurang tidur bisa membuat mereka lebih hiperaktif.

2. Obesitas

Studi yang dipublikasikan dalam National Institutes of Health menunjukan, obesitas cenderung dialami oleh wanita yang kerap tidur dengan televisi atau lampu menyala. Sebanyak 17 persen partisipan studi juga menunjukkan, berat badan bisa meningkat hampir lima kilo dalam satu tahun. Namun, lampu di luar ruangan tidak menimbulkan efek yang signifikan seperti lampu yang ada di dalam kamar.

Baca Juga:  Penyakit Ini Bisa Jadi Pemicu Bau Mulut, Apa Saja?

Salah satu penyebab obesitas yang disebabkan oleh kurang tidur adalah asupan makanan. Semakin sedikit tidur yang didapatkan, maka semakin banyak makanan yang dikonsumsi. Hal ini dapat memengaruhi waktu makan, di mana seseorang cenderung makan larut malam yang otomatis dapat menambah berat badan.

3. Kurang Waspada

Efek lain tidur dengan lampu menyala adalah membuat kewaspadaan berkurang. Hal ini tentu berbahaya jika seseorang perlu mengendarai mobil atau menggunakan jenis mesin lainnya. Pada lansia, mereka rentan terjatuh apabila kurang mendapatkan tidur yang berkualitas.

4. Gangguan kesehatan reproduksi

Paparan cahaya pada malam hari sering dialami pada orang yang bekerja dengan sistem kerja shift. Hal ini dapat memicu terjadinya gangguan kesehatan reproduksi, terutama pada kaum wanita.

Baca Juga: Mau Joging Aman Saat Puasa? Simak Nih Tipsnya

Sebuah penelitian menyatakan bahwa semakin sering seorang wanita bekerja dengan sistem tersebut, maka semakin tinggi risiko siklus haid mengalami gangguan. Para peneliti menduga, hal tersebut juga berkaitan dengan siklus tidurnya yang mengganggu stabilitas hormon.

4. Kanker

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sistem kerja shift dapat mengganggu siklus tidur serta menjadi salah satu faktor risiko kanker prostat dan kanker payudara. Senada dengan hal tersebut, penelitian lain menyatakan bahwa tidur dengan lampu tidur yang menyala, merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago