SOLOPOS.COM - Ilustrasi--Setop Covid-19. (freepik)

Solopos.com, SALATIGA -- Angka kematian akibat virus corona atau Covid-19 di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), terus bertambah dari hari ke hari.

Data Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga menyebutkan per Jumat (9/10/2020), ada tambahan satu kasus kematian akibat Covid-19 di wilayah tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dengan demikian, hingga saat ini sudah ada lima orang warga Salatiga yang dinyatakan meninggal akibat terpapar virus corona. Padahal, Juli lalu atau empat bulan setelah penetapan masa pandemi, Salatiga masih nihil kasus kematian Covid-19.

284 Mahasiswa Miskin Raih Beasiswa Sintawati dari Pemkab Sragen

Kepala DKK Salatiga, Siti Zuraidah, mengatakan kasus kematian terbaru akibat Covid-19 itu terjadi di Kelurahan Kutowinangun Kidul. Korbannya, seorang pasien laki-laki berusia 71 tahun.

"Pasien [meninggal] lansia [lanjut usia], usianya 71 tahun. Dia sudah suspect di rumah sakit. Punya penyakit penyerta sakit jantung kronis," ujar Zuraidah kepada Semarangpos.com/JIBI, Jumat sore.

Selain mengumumkan adanya tambahan pasien yang meninggal akibat Covid-19, Zuraidah menyebutkan adanya kasus penularan Covid-19 di lingkungan pengajian tingkat rukun tetangga (RT) atau klaster.

Perempuan Berusia di Atas 50 Tahun

Total sudah ada empat orang dari kelompok pengajian itu yang dinyatakan positif Covid-19. Empat orang ini seluruhnya berjenis kelamin perempuan dan berusia di atas 50 tahun.

Beasiswa Mahasiswa Berprestasi Wonogiri Berakhir Tahun Ini Tapi...

Dalam kesempatan itu, Zuraidah juga menyebutkan ada tambahan satu pasien yang dinyatakan positif Covid-19 setelah memiliki gejala anosmia atau kehilangan indera penciuman.

“Jadi pasien ini memiliki gejala anosmia. Lalu, dia berinisiatif memeriksakan diri ke puskesmas dan ternyata positif Covid-19,” jelas Zuraidah.

Ia pun menyarankan kepada warga yang memiliki gejala yang mirip Covid-19 untuk tidak takut memeriksakan diri. Petugas kesehatan akan memberikan pelayanan terbaik guna memberikan penanganan kepada pasien sebelum terlambat.

BPCB Jateng Cek Potensi Adanya Situs Candi Jaden di Jatinom Klaten

Sementara itu, hingga kini total kasus Covid-19 di Salatiga mencapai 257. Perinciannya, 23 orang masih menjalani perawatan, 229 orang dinyatakan sembuh, dan 5 meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya