SOLOPOS.COM - Ilustrasi-Golongan darah. (freepik)

Solopos.com, KLATEN — Stok darah di Palang Merah Indonesia atau PMI Klaten sering menipis selama pemberlakuan PPKM Level 4 di tengah pandemi Covid-19. Stok darah yang dimiliki PMI Klaten sering kali berada di bawah angka ideal setiap harinya.

Menipisnya stok darah itu seperti dijelaskan Kepala Bagian (Kabag) Pelayanan PMI Klaten, Wiwik Purwanti, saat ditemui Solopos.com, di kantornya, Jumat (6/8/2021). Sebagaimana diketahui, Klaten merupakan salah satu daerah yang memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali, 3-20 Juli 2021.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selanjutnya, Klaten masih memberlakukan PPKM Level 4 lanjutan hingga periode 2-9 Agustus 2021.

“Stok darah memang sering menipis. Ini terjadi sejak PPKM Level 4. Banyak jadwal donor darah yang di-cancel karena banyak yang takut, misalnya terjadi kerumunan,” kata Wiwik Purwanti.

Baca juga: Komunitas Koin Surga Klaten Bagi-Bagi Ingkung Ayam untuk Warga Positif Covid-19 Isoman

Wiwik Purwanti mengatakan kebutuhan ideal di masing-masing golongan darah di Klaten kurang lebih mencapai 50 kantong per hari. Sepanjang PPKM Level 4, stok darah di PMI Klaten sering di bawah angka ideal tersebut.

“Tapi, mulai Agustus ini sudah ada jadwal donor darah lagi. Kami terus mengedukasi masyarakat bahwa donor darah di tengah PPKM Level 4 itu tidak apa-apa. PMI kan masuk sektor kritikal. Kami pun juga berusaha memberikan suvenir bagi pendonor,” katanya.

Sudah Menjalani Isolasi 14 Hari

Lebih lanjut, Wiwik mengatakan warga yang pernah terpapar Covid-19 juga diperbolehkan menjadi seorang pendonor. Syaratnya, warga tersebut harus sudah dinyatakan sembuh sekaligus sudah menjalani isolasi selama 14 hari tanpa adanya keluhan lagi di waktu berikutnya.

“Banyak pertanyaan apakah warga yang pernah terpapar boleh ikut donor. Jawabannya boleh sepanjang sudah menjalani isolasi 14 hari dan tak ada keluhan lagi,” katanya.

Baca juga: Ijab Kabul Pernikahan Warga Kalikotes Klaten Dipusatkan di Pendapa Kecamatan, Ini Alasannya

Ketua PMI Klaten, Purwanto Anggono Cipto, berharap jadwal warga yang ingin donor darah di PMI Klaten mulai berjalan lancar lagi memasuki Agustus 2021.

“Di bulan ini sudah mulai terjadwal,” katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com hingga, Senin (9/8/2021), stok darah di PMI Klaten masih tersedia. Hal itu seperti golongan darah O (46 kantong), A (19 kantong), B (27 kantong), AB (16 kantong). Di sisi lain, jadwal mobile donor darah PMI Klaten bakal menyasar ke Kecamatan Wonosari, Jatinom, dan Delanggu.

Baca juga: Tingkatkan Keterisian Tempat Isoter, Pemkab Klaten Gelontorkan Rp10 Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya