Waduh! Squid Game Dianggap Jiplakan As the Gods Will, Bagaimana Faktanya?

Drama Korea teranyar Netflix, Squid Game, dituduh jiplakan film Jepang, As the Gods Will.
Waduh! Squid Game Dianggap Jiplakan As the Gods Will, Bagaimana Faktanya?
SOLOPOS.COM - Squid Game. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Drama Korea teranyar Netflix, Squid Game, dituduh jiplakan film Jepang, As the Gods Will. Padahal serial yang edgy dan gore ini belum lama ini menjadi sorotan pembicaraan serta menerima banyak pujian di seluruh dunia hingga menduduki peringkat nomor satu di peringkat acara Netflix Amerika Serikat untuk daftar Top 10 in the U.S. Today.

Mengutip NME, sejak serial tersebut dirilis pada Jumat (17/9/2021) lalu, sejumlah penonton merasa Squid Game jiplakan As the Gods Will lantaran memiliki kesamaan plot, yakni melibatkan pertandingan bertahan hidup dengan menggunakan permainan masa anak-anak. Seorang warganet asal Korea bahkan mem-posting kompilasi tangkapan layar dari Squid Game dan As The Gods Will yang menunjukkan kemiripan adegan.

Namun, apakah benar demikian? Mengutip laman Bisnis.com, Kamis (23/9/2021), berikut ini fakta-faktanya:

1. Terinspirasi dari manga dan manhwa

Fakta pertama bahwa Squid Game bukan jiplakan As th Gods Will adalah serial ini terinspirasi manga. Dalam sebuah konferensi pers, sang sutradara, Hwang Dong-hyuk, mengaku jika serial tersebut terinspirasi dari komik Jepang dan komik Korea. “Setelah syuting film debutku pada 2008, aku pergi ke sejumlah toko buku manga dan manhwa. Aku melihat banyak kisah permainan bertahan hidup, jadi aku pikir akan menarik jika genre ini diciptakan kembali dengan tampilan Korea,” ucapnya seperti dilansir dari Allkpop pada Kamis (23/9/2021).

2. Naskah

Squid Game dikerjakan sejak 2008 Hwang Dong-hyuk menampik jika Squid Game telah memplagiat film lain. Ia mengatakan bahwa naskah Squid Game dikerjakan pada 2008 dan selesai pada tahun depannya. “Aku menyelesaikan naskah [Squid Game] pada 2009, namun orang-orang mengatakan itu tidak akan berhasil karena ceritanya kejam dan genrenya tidak dikenal publik saat itu. Aku tidak bisa mendapat investasi atau casting karena proyeknya sulit untuk dimengerti. Jadi aku berhenti menggarapnya,” katanya kepada Allkpop.

3. Proses penggarapan

As The Gods Will berlangsung pada 2010-an Hwang Dong-hyuk lalu menegaskan bahwa As The Gods Will dibuat pada tahun 2010-an. “Ini bukan sesuatu yang ingin saya lakukan, [untuk mengklaim] kepemilikan cerita ini. Tetapi jika saya ingin mengatakannya, saya akan mengatakan bahwa saya melakukannya terlebih dahulu,” ujarnya dikutip dari Allkpop.

4. Mengakui adanya kemiripan

Kendati demikian, Hwang Dong-hyuk mengaku jika ada kemiripan antara Squid Game dan As the Gods Will namun bukan jiplakan “Memang benar [pertandingan pertama] mirip, tetapi setelah itu tidak ada kesamaan lagi. Saya mengerjakan [Squid Game pada] 2008 dan 2009, dan pada saat itu, game pertama [sudah] ditetapkan sebagai ‘Lampu Merah Lampu Hijau’,” tegasnya kepada NME.

5. Jalan cerita

Seperti yang telah diketahui, Squid Game berkisah tentang organisasi misterius yang “merekrut” 456 orang yang memiliki utang dalam jumlah besar. Mereka lalu diajak bersaing dalam serangkaian permainan mematikan di mana pemenangnya akan mendapatkan uang senilai 45,6 miliar won.

Sementara itu, As The Gods Will bercerita tentang sekelompok siswa SMA yang terpaksa mengikuti permainan mematikan setelah gurunya tiba-tiba meledak di kelas. Film ini dibintangi oleh Sota Fukushi, Hirona Yamazaki, Ryunosuke Kamiki, dan Mio Yuki.

 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago