[ X ] CLOSE

Waduh.. Sehari, 1 Rumah di Sukoharjo Terbakar Hingga 2 Kali. Kok Bisa?

Sebuah rumah di Jalan Teratai CB 7 Solo Baru, Grogol, Sukoharjo terbakar sebanyak dua kali dalam satu hari.
Waduh.. Sehari, 1 Rumah di Sukoharjo Terbakar Hingga 2 Kali. Kok Bisa?
SOLOPOS.COM - (Istimewa/Damkar Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO – Sebuah rumah di Jalan Teratai CB 7 Solo Baru, Grogol, terbakar sebanyak dua kali dalam satu hari. Petugas pemadam kebakaran masih menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, kebakaran tersebut terjadi di rumah milik Indriyani Agustin Selasa (19/10/2021) malam. Saat itu, kebakaran terjadi ketika rumah dalam keadaan kosong.

Kebakaran diketahui dari warga setempat yang mengetahui adanya api dari dalam rumah dan melaporkan ke Unit Damkar Satpol PP Sukoharjo.

Baca Juga: Rumah Warga Gayam Sukoharjo Terbakar Saat Ditinggal Pengajian

Kasi Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo, Margono, mengatakan pihaknya menerima laporan kebakaran pada pukul 19.30 WIB. Dia menjelaskan kebakaran diketahui ketika warga melihat garasi salon rumah yang terbakar dan melaporkan kepada Damkar Sukoharjo.

Namun menurutnya, pemadaman tidak bisa langsung dilakukan lantaran terkendala jaringan listrik. “Kami harus menunggu PLN mematikan listrik dulu sebelum kami bisa memadamkan api. Kami baru bisa melakukan penanganan 20 menit setelahnya sekitar pukul 19.50 WIB,” jelas dia kepada Solopos.com Rabu (20/10/2021).

Sebanyak 30 persen bangunan rumah hangus terbakar akibat peristiwa tersebut meliputi garasi salon dan dapur lantai II rumah. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat kebakaran.

Baca Juga: Terbakar, Separuh Bangunan Oven Kayu di Bulakan Sukoharjo Hangus

“Karena kebakaran yang cukup besar, kami mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran dari Sukoharjo dibantu satu unit mobil pemadam kebakaran dari Solo. Kami juga dibantu polisi, TNI, dan sukarelawan,” imbuh dia.

Meskipun sudah dinyatakan padam pada Rabu malam, namun petugas Damkar Sukoharjo kembali melakukan pemadaman di rumah tersebut pada Kamis pagi. Hal ini dikarenakan api kembali muncul di atap rumah karena dipicu angin besar dan cuaca yang tergolong panas.

“Tadi pagi menyala lagi. Ada bara api di atap dan karena angin akhirnya keluar api lagi. Kami memadamkan apinya lagi tadi,” beber dia.

Baca Juga: Warung Kosong Pinggir Jl A Yani Kartasura Sukoharjo Ludes Terbakar

Petugas belum bisa memperkirakan besaran kerugian yang dialami pemilik rumah. Selain itu, penyebab kebakaran juga masih diselidiki.

Berdasarkan video yang dikirimkan Damkar Sukoharjo, pemilik rumah Indriyani Agustin, mengaku sedang tidak ada di rumah saat kebakaran terjadi. Dia juga mengatakan kondisi di dalam rumah dipastikan aman saat meninggalkan rumah.

“Saya tidak pakai kompor gas, pakai kompor listrik. Tapi saat saya cek dapur tidak terbakar jadi bukan karena kompor listriknya. Genset juga dalam keadaan tidak terisi bahan bakar dan tidak tertancap. Saya belum paham kenapa bisa terbakar,” ungkap dia.

Baca Juga: Korsleting Saat Ngecas Baterai Sepeda Listrik, Rumah Warga Weru Sukoharjo Terbakar

Selain kebakaran rumah, Damkar Sukoharjo juga kembali memadamkan lahan kosong di Jl. Oven Sari Raya, Baki, Sukoharjo pada Rabu pagi. Kebakaran bisa langsung ditangani petugas dan tidak merembet ke pemukiman.

“Kembali lagi kami ingatkan warga untuk memantau kalau sedang membakar sampah dan lainnya karena berpotensi merembet seperti kebakaran lahan kosong,” ucap dia.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago