SOLOPOS.COM - Infografis Klaster Keluarga (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, JOGJA – Satu keluarga terpapar Covid-19 kembali muncul di Kota Jogja. Diduga pemicunya lingkungan perkotaan yang padat serta penerapan protokol kesehatan yang belum optimal saat di dalam rumah.

Keluarga itu berjumlah lima orang yang terpapar Covid-19 itu berada di Kelurahan Karangwaru, Kemantren (Kecamatan) Tegalrejo, Kota Jogja. Saat ini lokasi rumah telah disterilisasi dan keluarga tersebut tengah menjalani isolasi mandiri.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Iya benar satu keluarga positif Covid-19. Baru kemarin Kamis swab PCR dan hasilnya keluar Jumat hari ini. Saat ini kondisinya sedang melakukan isolasi mandiri,” kata Plt Lurah Karangwaru, Dodo Limono, Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Kurang dari Sebulan, Ada 500 Warga Jogja yang Dimakamkan Secara Protokol Covid-19

Dodo menjelaskan, satu keluarga positif Covid-19 tersebut merupakan warga asal luar daerah. Mereka datang ke Kota Jogja untuk melakukan pengobatan terhadap ibunya yang diketahui mengidap penyakit kanker.

“Baru satu setengah bulan tinggal di sini. Infonya membawa ibunya berobat, sementara anak yang lain menemani,” kata dia.

Adapun yang lebih dulu terpapar yakni si anak. Karena tinggal satu rumah, penyebaran pun meluas. Kini satu keluarga berjumlah lima orang semua terpapar Covid-19.

“Belum tahu terpaparnya dari mana. Intinya kami tangani dulu biar segera sembuh,” kata dia.

Baca juga: Wes Angel! Warga Positif Berkeliaran, Satu Kampung Tertular Covid-19

Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Puskemas dan RT/RW setempat agar dilakukan langkah-langkah antisipasi. Sebab ada 10 kepala keluarga lainnya yang diketahui berada di sekitaran rumah satu keluarga positif Covid-19.

“Utamanya adalah penanganan dulu serta kami kondisikan lingkungan dan RT/RW juga sudah kami panggil, jangan sampai meluas lagi,” kata dia.

Selain itu, upaya pelacakan terhadap kontak erat juga tengah diupayakan. Pihaknya juga melibatkan Babinsa dan Babinkamtibmas untuk membendung penyebaran Covid-19.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya