SOLOPOS.COM - Seusai car free day (CFD) digelar sampah berserekan di sepanjang Jl. Mayor Kusmanto, Minggu (3/7/2022). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Persoalan sampah serta jam pelaksanaan car free day (CFD) menjadi sebagian sorotan pedagang maupun pengunjung CFD di Jl. Mayor Kusmanto, Kabupaten Klaten.

Berdasarkan pantauan, sampah berserakan selama CFD perdana di Jl. Mayor Kusmanto digelar pada Minggu (3/7/2022) pagi. Tak terlihat tempat sampah yang disediakan dan mudah diakses pengunjung untuk membuang sampah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu pedagang, Deby, mengakui lokasi CFD masih kurang tempat sampah. Namun, dia sudah mempersiapkan diri dengan membawa tempat sampah sendiri dari rumah.

“Sampah-sampahnya saya kumpulkan di tempat sampah ini. Setelah jualan, sampah ini saya bawa pulang,” kata Deby saat ditemui di kawasan CFD, Minggu.

Baca Juga: Ribuan Warga Serbu CFD Jl. Mayor Kusmanto Klaten, Begini Suasananya

Selain minim tempat sampah, Deby menilai durasi pelaksanaan CFD di Jl. Mayor Kusmanto kurang lama. Dia mencontohkan masih banyak pengunjung yang berada di kawasan Jl. Mayor Kusmanto hingga pukul 09.00 WIB ketika ruas jalan tersebut kembali dibuka untuk lalu lalang kendaraan bermotor. Lantaran hal itu, dia mengusulkan agar durasi pelaksanaan CFD bisa diperpanjang.

“Jam segini [pukul 09.00 WIB] masih ramai banget. Orang-orang masih pada jalan ketika jalan dibuka untuk kendaraan bermotor dan ini membahayakan. Kalau bisa waktunya diperpanjang sampai pukul 12.00 WIB. Kalau tidak ya diperpanjang sedikit lah sampai pukul 10.00 WIB. Ini harapan semua pedagang,” kata Deby.

Salah satu pengunjung asal Kecamatan Ngawen, Yunan, 18, menilai lokasi CFD masih kurang tempat sampah. Alhasil, banyak sampah berserekan. Dia mengusulkan agar ada penambahan tempat sampah ketika CFD digelar.

CFD Dievaluasi

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jajang Prihono, menjelaskan pelaksanaan CFD di Jl. Mayor Kusmanto segera dievaluasi. Dia menjelaskan evaluasi yang dilakukan terutama terkait persoalan sampah dan parkir. Soal parkir, Jajang menjelaskan ada lokasi parkir yang perlu dilakukan penataan lantaran membuat arus lalu lintas terhambat.

Baca Juga: Bermalam di Jl. Mayor Kusmanto Demi Jaga Lapak Jualan di CFD Klaten

Soal sampah, Jajang menjelaskan pada pelaksanaan CFD selanjutnya bakal disiapkan tempat sampah yang dipasang di sepanjang ruas Jl. Mayor Kusmanto. Jajang menjelaskan persoalan kebersihan itu sebelumnya sudah dibahas. Seusai CFD digelar, tim kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) membersihkan sampah-sampah di sepanjang kawasan yang sebelumnya digunakan untuk CFD.

“Prinsipnya sudah dijadwalkan ada tim pembersih untuk membersihkan sampah-sampah dari kegiatan CFD. Harapan kedepan, akan ada tempat sampah di sepanjang ruas jalan untuk CFD,” kata Jajang.

CFD Klaten kembali bergulir setelah lebih dari dua tahun vakum gara-gara pandemi Covid-19. Namun, pelaksanaan CFD bukan di Jl. Pemuda, tetapi untuk sementara dialihkan ke Jl. Mayor Kusmanto. CFD digelar saban Minggu mulai pukul 05.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya