SOLOPOS.COM - Indogrosir di Jl. Magelang, Sleman, ditutup selama lima hari sejak Selasa (5/5/2020). (Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Solopos.com, Jogja -- Jumlah pasien positif corona virus disease 2019 (Covid-19) Jogja kembali bertambah. Klaster Indogrosir menyumbang tambahan tiga kasus dari enam kasus baru pada Sabtu (16/5/2020).

Dengan tambahan itu, total kasus Covid-19 di Jogja mencapai 194 kasus. Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, menyebutkan tiga orang laki-laki dinyatakan positif Covid-19 berhubungan dengan klaster Indogrosir.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tiga pria positif Covid-19 Indogrosir itu dengan rentang usia beragam yakni usia 55 tahun, 28 tahun, dan 20 tahun asal Sleman. Sementara, Sleman menjadi kabupaten dengan jumlah kasus terbanyak per Sabtu.

Duh, Perempuan 20 Tahun Asal Karanganom Klaten Positif Covid-19

"Selain tiga laki-laki yang erat dengan klaster Indogrosir, satu pria lainnya asal Sleman juga dinyatakan positif yang berhubungan dengan klaster gereja," jelas dia, Sabtu.

Penambahan dua kasus positif Covid-19 Jogja lainnya masing-masing asal Gunungkidul dan Bantul. Kasus pasien positif asal Bantul merupakan perempuan usia 23 tahun yang berhubungan dengan klaster Jemaah Tablig.

"Satu kasus positif asal Gunungkidul yakni perempuan usia 58 tahun masih dalam penelusuran terkait dengan klaster mana," jelas Berty.

RS Ortopedi dr. Soeharso Solo Kembangkan Konsultasi Online, Begini Cara Manfaatkan Layanannya

Sebelumnya, Berty mengatakan perempuan Gunungkidul tadi masuk dalam pasien dalam pengawasan (PDP). Namun, orang yang bersangkutan meninggal pada Senin (11/5) dengan riwayat penyakit jantung.

Delapan Kasus Meninggal

Pada Sabtu, hasil laboratorium pasien tersebut keluar dan menunjukkan yang bersangkutan positif Covid-19.

"Hasil ini menambah rentetan kasus pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia di DIY menjadi delapan kasus," imbuh dia.

Netflix dan Spotify Bakal Kena Pajak Mulai 1 Juli 2020, Berapa Besarnya?

Pada Sabtu ada tambahan enam pasien sembuh dari Covid-19 di Jogja. Lima pasien sembuh yang dinyatakan negatif dua kali berdasarkan hasil swab merupakan pasien asal Gunungkidul.

Tiga pasien sembuh berjenis kelamin laki-laki dengan usia 70 tahun, 50 tahun, dan 30 tahun. Sementara dua pasien sembuh asal Gunungkidul merupakan perempuan usia 52 tahun dan 10 tahun.

Sementara satu pasien sembuh lainnya merupakan perempuan asal Bantul berusia 40 tahun. "Dengan demikian jumlah akumulasi pasien sembuh Covid-19 di Jogja bertambah menjadi 78 orang," jelas Berty. Saat ini masih ada sebanyak 183 PDP dirawat di DIY dari jumlah 1.266 PDP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya