SOLOPOS.COM - Pemain Timnas UEA terduduk lesu dan berjalan lelah di dekat para pemain Timnas Indonesia yang merayakan kemenangan seusai laga penyisihan Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2022 di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (5/10/2022) malam WIB.(Antara/Yulius Satria)

Solopos.com, BOGOR – Pelatih tim nasional (Timnas) U-17 Uni Emirat Arab (UEA), Alberto Gonzalez, menyindir kualitas rumput lapangan Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, setelah timnya dikalahkan Indonesia 2-3 pada laga Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Rabu (5/10/2022) malam WIB.

“Kondisi lapangan yang dipakai dua pertandingan dalam satu hari, di tengah cuaca yang sering hujan, tentu tidak menguntungkan bagi tim yang bermain dengan penguasaan bola,” ujar Alberto setelah pertandingan.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Menurut dia, rumput yang tidak merata di lapangan membuat timnas U-17 UEA sulit mengembangkan permainan.

Hal itu karena dalam taktik yang diterapkan timnas U-17 UEA, mereka berupaya mendominasi pertandingan dengan umpan-umpan pendek.

Ekspedisi Mudik 2024

Alberto mengatakan UEA bisa saja bermain dengan umpan lambung langsung ke depan (direct) dengan kondisi lapangan yang demikian. Akan tetapi, mereka tidak melakukannya.

“Hal itu karena kami terus mencoba mengendalikan pertandingan dengan cara kami meski lapangan tak menguntungkan. Kami merekomendasikan kepada AFC agar memerhatikan kualitas rumput pada kompetisi-kompetisi berikutnya,” tutur Alberto.

Baca Juga: Mantap! Timnas Indonesia Perbesar Peluang ke Putaran Final Piala Asia U-17

Bukan sekali Alberto Gonzalez menyinggung soal lapangan Stadion Pakansari. Sebelumnya, dia menyatakan hal serupa selepas menghadapi Palestina pada Senin (3/10/2022).

Ketika itu, pertandingan sempat dihentikan sejenak karena hujan deras membuat lapangan tergenang. Akibatnya, bola tidak dapat bergulir dengan mulus.

Meski demikian, UEA kala itu mampu mengatasi situasi dan menang dengan skor 4-3.

Baca Juga: Timnas U-17 Australia Menggila, Bantai Lawan 23-0

Kekalahan dari Indonesia membuat UEA (enam poin, tiga pertandingan) turun ke peringkat kedua klasemen sementara Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 karena kalah head to head dan selisih gol dari Indonesia (enam poin, dua pertandingan) yang berada di puncak.

Peringkat ketiga Grup B dihuni Malaysia dengan empat poin dari dua laga. Guam dan Palestina menghuni posisi keempat serta kelima grup tersebut.

Walau ada di urutan kedua, peluang UEA ke Piala Asia U-17 2023 masih terbuka asalkan mereka mampu menundukkan Malaysia pada laga terakhirnya, Jumat (7/10/2022). Pada hari yang sama, Indonesia akan ditantang Palestina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya