SOLOPOS.COM - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Twitter/INA_Badminton/PBSI)

Solopos.com, ODENSE – Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto keluar sebagai juara Denmark Open 2022 seusai mengalahkan seniornya, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dengan skor 21-19, 28-26, pada partai final di Jyske Bank Arena, Denmark, Minggu (23/10/2022) malam.

Ada kejadian tidak mengenakkan saat prosesi pengalungan medali dan penyerahan trofi juara. Pembawa acara Denmark Open menyebut Fajar/Rian dan Marcus/Kevin sebagai pebulu tangkis perwakilan asal Malaysia, bukannya Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat pembawa acara menyebut mereka berasal dari Malaysia, Fajar/Rian dan Marcus/Kevin tampak kebingungan, bahkan pejabat federasi bulu tangkis Denmark yang berada di dekat podium juga menunjukkan ekspresi bingung sambil menoleh ke arah sumber suara pembawa acara.

Kesalahan itu kemungkinan besar terjadi karena Fajar/Rian dan Marcus/Kevin sama-sama menyisihkan wakil Malaysia di babak semifinal dalam menciptakan All-Indonesian Final ganda putra Denmark Open 2022.

Minions menyingkirkan juara dunia Aaron Chia/Soh Wooi Yik menuju final, sedangkan Fajar/Rian melempangkan jalan mereka menjadi juara usai menyisihkan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi di babak semifinal.

Baca Juga: Liona dan Leoni, Si Kembar Asal Solo yang Kompak Lolos Audisi PB Djarum 2022

Belakangan akun resmi Federasi Bulu Tangkis Denmark menyampaikan permintaan maaf melalui media sosial atas kesalahan penyebutan nama sang juara dan runner-up.

“Kepada semuanya, kami sungguh memohon maaf atas kekeliruan pengumuman. Tentu saja Fajar Alfian/Muhammad Ardianto dan Marcus Gideon/Kevin Sukamujo berasal dari INDONESIA! Kami mengetahui itu. Yang terjadi kesalahan manusiawi, dan semoga kalian dapat menerima permohonan maaf kami.” Demikian cuitan federasi bulu tangkis Denmark dalam akun Twitter @BadDK.

Marcus/Kevin runner up Denmark Open 2022
Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (Twitter/INA_Badminton/PBSI)

Namun demikian, permohonan maaf tersebut tidak sepenuhnya mengurangi volume warganet Indonesia yang terus membahas kekeliruan pembawa acara Denmark Open 2022, bahkan mereka juga menyeret federasi bulu tangkis dunia, BWF, dalam masalah itu.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan dirinya menikmati All-Indonesian Final ganda putra Denmark Open 2022 yang mempertemukan Fajar/Rian dan Marcus/Kevin. Presiden juga menyampaikan selamat kepada Fajar/Rian yang berhasil membawa pulang trofi juara Denmark Open 2022 seusai mengalahkan Kevin/Marcus 21-19, 28-26.

Baca Juga: Menegangkan! Marcus/Kevin Nyaris Kalah dalam Perang Saudara di Denmark Open

“Laga dua pasangan ganda putra Indonesia di babak final kejuaraan bulutangkis Denmark Open 2022 semalam begitu sengit. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akhirnya menjadi juara,” tulis Presiden melalui berbagai kanal media sosial resminya pada Senin (24/10/2022).

“Selamat! Siapa pun juaranya, pemenangnya tetap Indonesia,” tambah Presiden sembari menyematkan foto Fajar/Rian dan Kevin/Marcus berpose bersama dalam seremoni selepas pertandingan.

Bagi Fajar/Rian keberhasilan menjuarai Denmark Open 2022 adalah pencapaian gelar pertama mereka di turnamen level BWF Super 750.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya