SOLOPOS.COM - Ilustrasi leptospirosis. (Kemenkes)

Solopos.com, JOGJA — Dua warga di Kota Jogja meninggal dunia karena terjangkit leptospirosis pada 2022 ini. Tercatat dari Januari hingga Juni 2022, ada lima kasus leptospirosis yang terjadi di Jogja.

Kepala Dinas Kesehatan Jogja, Emma Rahmi Aryani, mengatakan korban meninggal karena leptospirosis tergolong warga lanjut usia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Yang meninggal umur 54 dan 69 tahun,” kata dia, Selasa (21/6/2022).

Emma menjelaskan menjaga kebersihan adalah cara terbaik mencegah leptospirosis. Penyakit ini menular lewat urine tikus. Untuk itu, pencegahannya dengan menjaga kebersihan agar tikus tidak hidup di rumah.

Baca Juga: Leptospirosis Mengganas di Bantul, 1 Meninggal & 32 Orang Terjangkit

Emma juga mengimbau petani dan peternak untuk selalu menggunakan alas kaki yang memadai agar tidak tertular leptospirosis.

“Tidak hanya petani atau peternak, siapa saja harus menggunakan alas kaki apalagi jika di tempat kurang bersih karena virus leptospirosis bisa bertahan lama di tanah,” jelasnya.

Untuk penanganan, lanjut Emma, harus cepat dilakukan jika sudah terkena penyakit ini. Pihaknya telah menginstruksikan ketika ada laporan terkait leptospirosis, Puskesmas harus langsung merujuknya ke rumah sakit. Hal ini karena harus cuci darah.

Baca Juga: 4 Warga Meninggal karena Leptospirosis, Ini Langkah Pemkab Gunungkidul

Langkah lain yang akan diambil Emma adalah meningkatkan kualitas SDM pelayanan kesehatan untuk lebih mendalami leptospirosis.

“Karena kemarin kami fokus ke pandemi Covid-19, jadi kami akan mulai lagi bikin pelatihan tenaga kesehatan supaya lebih memahami leptospirosis dan dapat menanganinya dengan baik dan tepat,” tandasnya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Dua Warga Kota Jogja Meninggal Dunia karena Leptospirosis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya