SOLOPOS.COM - Pengumuman pembatalan GP F1 China diunggah pada akun Twitter @F1, Jumat (2/12/2022) malam WIB. (Twitter/@F1)

Solopos.com, JAKARTA – Operator balap mobil Formula 1 (F1) membatalkan Grand Prix China untuk kali keempat secara berturut-turut karena masalah Covid-19 di negara tersebut yang tak kunjung selesai.

“Formula 1 mengonfirmasi, setelah berbicara dengan promotor dan otoritas terkait, bahwa Grand Prix China 2023 batal digelar karena kesulitan yang terus berlanjut akibat situasi Covid-19.” Demikian pernyataan resmi otoritas F1 dalam akun Twitter mereka, @F1, Jumat (2/12/2022) malam WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Formula 1 sedang menimbang opsi alternatif untuk menggantikan slot China pada kalender 2023 dan akan mengumumkannya pada waktunya nanti.”

China kali terakhir menggelar balapan F1 di Shanghai pada 2019 sebelum Covid-19 melanda negara tersebut. Sejak saat ini, China telah membatalkan hampir seluruh kejuaraan internasional yang dijadwalkan digelar di Negeri Tiari Bambu itu kecuali Olimpiade Musim Dingin Beijing pada Februari 2022.

Pembatalan Grand Prix F1 China 2023 diputuskan ketika kota-kota di seluruh China mulai melonggarkan pembatasan Covid-19 setelah protes nasional yang menuntut agar pemerintah mengakhiri penguncian atau lockdown di seluruh negeri.

Baca Juga: Mantap! PBSI Kembali Gulirkan Kejurnas Bulu Tangkis, Berhadiah Rp1,1 Miliar

Kemarahan publik atas kebijakan nol Covid-19 China —yang melibatkan lockdown dan pengujian massal bahkan karantina bagi orang-orang yang tak terinfeksi— telah memicu protes di kota-kota besar, termasuk Beijing, Shanghai, dan Guangzhou.

Dengan pembatalan Grand Prix F1 China maka slot tahun depan bisa saja digantikan oleh Portugal atau Turki. Portugal menjadi tuan rumah Grand Prix Portimao pada 2020 dan 2021, sedangkan Istanbul Park terakhir kali menggelar balapan pada 2021.

Namun demikian, jika China —yang seharusnya menjadi seri keempat dalam kalender— tidak diganti maka akan ada 23 seri balapan F1 sepanjang tahun yang menjadi balapan dengan seri terbanyak yang pernah ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya