SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona. (Gov.uk)

Solopos.com, SEMARANG — Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyebutkan ada atlet dan ofisial PON XX Papua dari Jateng yang terpapar Covid-19.

Jumlahnya atlet dan ofisial dari Jateng yang terpapar virus corona itu jumlahnya mencapai 8 orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Atlet Jateng dan ofisial yang positif [Covid-19] ada 8 orang. Sudah dilakukan isolasi di Papua. Kondisi baik dan tidak bergejala,” ujar Kepala Dinkes Jateng, Yulianto Prabowo, di Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang, Senin (11/10/2021), seperti dikutip dari detik.com.

Baca juga: 57 Orang di Arena PON Papua Positif Covid-19

Yulianto pun mengatakan nantinya seluruh atlet dan ofisial dari Jateng yang tampil di PON XX Papua akan dilakukan pemantauan kesehatan saat kembali ke Papua. Pantauan tidak hanya dari segi penularan Covid-19, tapi juga antisipasi penyakit malaria.

“Kita biasa kok memonitor surveilans seperti itu. Jadi, setiap warga kita yang pulang dari wilayah-wilayah yang endemis malaria contohnya kalau di Indonesia timur kan masih endemis malaria itu kita lakukan surveilans malaria juga selain Covid-19. Mereka yang lebih dari tujuh hari di sana dikenakan kewajiban untuk karantina. Yaitu kita lakukan pemantauan, apakah selama perjalanan itu terinfeksi atau tidak,” ujarnya.

Baca juga: Keren! 6 Organisasi Mahasiswa Siap Bantu Penanganan Covid-19 Jateng

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menjelaskan pihaknya sudah meminta Dinkes Jateng untuk menyiapkan gedung BPSDM di Srondol Semarang agar bisa digunakan untuk karantina bagi atlet atau ofisial kontingen PON yang kembali dari Papua. Biasanya karantina dilakukan selama 5 hari.

“Sebenarnya mereka dari sana sudah dites. Mereka semuanya ya sehatlah, karena untuk ikut penerbangan itu mereka mesti dilakukan PCR test. Namun kita meski well prepare kepada mereka, sehingga kami minta untuk yang sudah di rumah mereka akan kita pantau,” kata Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya