SOLOPOS.COM - Antrean warga yabg mengikuti vaksinasi dosis kedua terlihat mengular di sentra vaksinasi massal XT Square, Jumat (17/9) pagi. (Harian Jogja/Yosef Leon)

Solopos.com, JOGJA — Ratusan warga memadati sentra vaksinasi massal XT Square di Jalan Veteran, Pandeyan, Umbulharjo pada Jumat (17/9) pagi untuk melakukan vaksinasi dosis kedua. Antrean yang terjadi sejak pukul 07.30 Wib itu terlihat mengular dan saling berdesakan.

Pantauan Harian Jogja antrean warga terjadi di zona kerajinan lantai dua, zona kuliner, dan area museum. Warga yang melakukan registrasi vaksin dibagi petugas ke tiga lokasi yang berbeda itu untuk mengurai kepadatan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Setelah registrasi di pintu masuk, warga diarahkan untuk mengambil formulir screening menuju lantai dua zona kerajinan. Mereka harus mengantre dan kemudian diarahkan ke area museum. Setelah berangsur lengang, antrean lalu berlanjut lagi ke zona kuliner dan terakhir di gedung utama untuk pelaksanaan vaksinasi di Jogja.

“Saya sejak jam 09.00 Wib tadi pagi, sesuai undangan saja datangnya. Tapi pas saya datang antrean sudah panjang begini,” kata Sulistiawan, 37, warga Sleman salah seorang warga yang ikut vaksinasi dosis kedua.

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Kasus Akhir Pekan, Pemkot Jogja Siapkan Isoter

Sulistiawan menyebut, padatnya antrean vaksinasi di Jogja itu diduga karena banyak warga yang ingin lebih dulu mendapatkan vaksin. Pendeknya durasi di hari Jumat akibat ibadah salat membuat warga berlomba datang lebih dulu hingga antrean mengular cukup panjang.

Kepala Seksi Mobilisasi dan Pemberdayaan Linmas Sat Pol PP Kota Jogja, Maulana Darmawan menjelaskan kepadatan warga. Ini disebabkan Pemkot Jogja merapel pelaksanaan vaksin pertama di kompleks balaikota yang seharusnya selama tiga hari menjadi satu hari.

“Jadi yang dosis pertama di balaikota dulu itu tiga hari berturut-turut disatukan menjadi satu hari di XT Square ini,” kata Maulana.

Baca juga: Tsunami akibat Gempa Megathrust Mengancam, 7 dari 8 EWS di Kulonprogo Malah Rusak

Merapel Vaksinasi Jogja

Maulana menyebut, pada pagi tadi kondisi antrean memang membludak. Setelah petugas mengarahkan ke gedung yang kosong dan hari beranjak siang, antrean perlahan-lahan mulai agak berkurang. “Nanti sampai pukul 15.00 WIB, kita juga coba pantau agar antrean tetap jaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Kepala Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular dan Imunisasi Dinkes Kota Jogja, Endang Sri Rahayu mengungkapkan, pihaknya merapel peserta vaksin itu guna mengefektifkan berbagai fasilitas vaksin berikut sarana prasarana dan sumber daya manusianya. Karena penyiapan berbagai fasilitas itu baik dilakukan selama satu hari maupun tiga hari sama saja.

Meski terdapat antrean panjang, Endang menyebut sejauh ini pelaksanaan vaksinasi di Jogja masih berjalan cukup lancar. Kepadatan hanya terjadi di area screening saja. Masuk ke lokasi vaksin, kepadatan sudah tidak terjadi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya