SOLOPOS.COM - HP merupakah salah satu benda lebih kotor dibandingkan dudukan toilet (ilustrasi/Istimewa)

Solopos.com, SOLO--Tanpa kita sadari ternyata ada sejumlah benda yang lebih kotor dibandingkan dudukan toilet. Dan ironisnya barang-barang itu justru lekat dengan keseharian kita.

Apa sajakah benda yang lebih kotor daripada dudukan toilet? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dudukan toilet sering dianggap sebagai benda yang paling kotor. Ada banyak jenis kuman yang menghuni toilet, terutama toilet yang digunakan untuk umum. Mulai dari virus penyebab pilek dan flu, sampai dengan bakteri Streptococcus dan E.coli. Tapi, benda-benda yang kita sentuh dan pegang setiap hari juga bisa menjadi sarang bakteri dan virus,termasuk virus corona, yang bahkan lebih banyak dari dudukan toilet.

Padahal sebenarnya banyak benda di sekitar kita yang lebih kotor dibandingkan dudukan toilet. Beberapa di antaranya bahkan sangat dekat dengan kita, lho. Meski dudukan toilet sering dianggap sebagai sarang kuman, ada beberapa benda yang lebih kotor dibandingkan dudukan toilet.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Mengenal Duck Syndrome, Gangguan Psikologis pada Orang Dewasa Muda

Berikut ini sejumlah benda yang lebih kotor dibandingkan dudukan toilet sebagaimana melansir alodokter, Jumat (23/4/2021):

1. Ponsel

Sebuah penelitian menemukan bahwa jenis bakteri yang ada di ponsel 10 kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan dudukan toilet. Tidak mengherankan sih, sebab benda satu ini memang sering kita letakkan di mana saja. Untuk mencegah bertambahnya bakteri di ponsel, mulailah dengan tidak membawa dan menggunakannya ketika kita sedang berada di kamar mandi.

2. Sikat gigi

Sikat gigi bisa jadi lebih kotor dibandingkan dudukan toilet. Meski sering digunakan untuk membersihkan gigi, sikat gigi juga bisa menjadi tempat yang ideal untuk tumbuhnya bakteri dan jamur. Terlebih bila tidak disimpan dan dibersihkan dengan baik. Untuk itu, selalu jaga kebersihan sikat gigi kamu sebelum dan sesudah digunakan. Jangan lupa mengganti sikat gigi setiap tiga atau empat bulan sekali.

Baca Juga:  Waspadai Gejala Hernia pada Bayi

3. Spons pencuci piring

Dianggap sebagai pembersih, namun sebenarnya ada banyak sekali bakteri di dalam spons pencuci piring. Hal ini dikarenakan spons yang lembab dan basah bisa menjadi tempat ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Coba deh panaskan spons di dalam microwave selama satu menit agar bakteri mati, dan ganti spons sebelum bau.

4. Jari tangan

Jari tangan kita bisa jadi juga lebih kotor dibandingkan dudukan toilet sebab mudah sekali ditempeli kuman. Kalau kita memegang mata, mulut, atau hidung, kuman pun ikut pindah dan bisa masuk ke dalam tubuh. Oleh karenanya, kamu dianjurkan untuk selalu mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20-30 detik, terutama setelah dari kamar mandi.

5. Hewan peliharaan

Hewan peliharaan juga bisa menjadi salah satu sarana penularan virus dan bakteri, terutama jika hewan peliharaanmu sering bermain di luar rumah. Mangkuk makan dan mainannya juga bisa menjadi tempat yang sempurna bagi bakteri untuk berkembang biak. Agar hewan kesayanganmu gak jadi sarang kuman, rajin-rajin deh memandikannya. Bersihkan juga mangkuk makan serta mainnya secara rutin.

6. Gagang pintu

Gagang pintu kamar mandi, pegangan microwave, dan sakelar lampu merupakan tempat lain yang bisa menjadi sarang bakteri dan bisa jadi lebih kotor dibandingkan dudukan toilet. Maka dari itu, rutinlah membersihkan tempat-tempat tersebut minimal seminggu sekali untuk menghilangkan bakteri.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya