[ X ] CLOSE

Waduh! 18 Nakes RSUD Karanganyar Positif Covid-19

Sebanyak 18 orang tenaga kesehatan alias nakes di RSUD Karanganyar positif terkonfirmasi Covid-19.
Waduh! 18 Nakes RSUD Karanganyar Positif Covid-19
SOLOPOS.COM - RSUD Karanganyar. (solopos.com/Candra Mantovani)

Solopos.com, KARANGANYAR – Sebanyak 18 tenaga kesehatan alias nakes di RSUD Kabupaten Karanganyar, yang terdiri dari dokter, perawat, dan lain-lain terkonfirmasi positif Covid-19.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar menyampaikan kondisi 18 orang nakes RSUD Karanganyar itu tidak mengalami gejala apapun akibat infeksi Covid-19. Oleh karena itu saat ini mereka menjalani isolasi mandiri. Dinkes Kabupaten Karanganyar memastikan pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Karanganyar tetap berjalan seperti biasanya.

Sudah Vaksinasi Masih Bisa Tertular Covid-19? Ini Penjelasannya

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Kabupaten Karanganyar, Kristanto Setyawan, membenarkan informasi tersebut. Kristanto menyebutkan jumlah nakes di RSUD Karanganyar sekitar 350 orang. Sedangkan jumlah nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 tidak lebih dari 10%. Kristanto memastikan RSUD Karanganyar masih dapat melayani masyarakat secara maksimal.

"Kami masih bisa memberikan pelayan. Tidak sampai lockdown. Semoga nakes yang terpapar Covid-19 tidak bertambah sehingga kami bisa lebih maksimal memberikan pelayanan," kata Kristanto saat dihubungi Solopos.com, Senin (18/1/2021).

25 Relawan Vaksin Sinovac di Bandung Positif Covid-19

Sumber Penularan

Di sisi lain, dia memprediksi penularan Covid-19 terhadap nakes RSUD Kabupaten Karanganyar tidak hanya terjadi di lingkungan rumah sakit.

"Nakes ini kan bagian dari masyarakat. Otomatis ada yang terpapar [karena bersentuhan dengan pasien Covid-19]. Tapi terpaparnya tidak selalu dari pasein. Bisa dari keluarga, teman kerja, atau saat bepergian. Kalau di rumah sakit kan mereka memakai APD," ujar dia.

Dia mencontohkan salah satu kasus nakes RSUD di Kabupaten Karanganyar yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari rekan kerja. Kasus berawal dari pasangan salah satu nakes terkonfirmasi positif Covid-19. Kristanto menyampaikan nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah dokter, perawat, dan nakes lain.

"Nah itu diduga menular ke nakes lain di RSUD Karanganyar. Salah satu caranya saat makan bersama. Otomatis mereka melepas APD kan. Yang terpapar itu bervariasi. Ada dokter spesialis, dokter umum, perawat, bidan, tenaga administrasi, dan lain-lain," sambung dia.

Kronologi Farida Pasha "Mak Lampir" Meninggal Kena Covid-19

Tertular Pasien di IGD

Sekretaris Dinkes Kabupaten Karanganyar, Purwati, menyampaikan seluruh nakes yang menjadi kontak erat 18 orang terkonfirmasi positif Covid-19 itu sudah terlacak. Berbeda dengan Kristanto, Purwati menyampaikan bahwa 18 orang nakes itu terpapar Covid-19 saat merawat pasien di instalasi gawat darurat (IGD).

"18 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Itu ada perawat, dokter, petugas rekam medik, dan lain-lain. Tracking kami itu [penyebabnya] dari pasien. Itu [nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19] kebanyakan yang bertugas jaga di IGD. Mayoritas paling banyak di IGD," ungkap dia saat dihubungi Solopos.com.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago