SOLOPOS.COM - Jemaah haji kloter 13 tiba di GOR Gelarsena Klaten, Desa Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara, Minggu (24/7/2022) siang. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Seorang jemaah haji asal Klaten terkonfirmasi positif Covid-19 setibanya di Indonesia. Jemaah haji itu kini menjalani isolasi mandiri.

Seorang jemaah haji itu tergabung dalam kloter 13 yang tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Minggu (24/7/2022) sekitar pukul 09.30 WIB. Mereka lantas menjalani tes antigen. Dari hasil pemeriksaan, ada satu jemaah yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo, membenarkan ada satu jemaah haji asal Klaten yang terkonfirmasi positif. Seorang jemaah haji itu kini menjalani isolasi di rumah.

“Yang benar satu positif untuk kloter 13,” kata Cahyono saat dikonfirmasi Solopos.com, Minggu.

Salah satu Petugas Pemberangkatan dan Pemulangan Haji (P3H) Klaten, Bambang Yunaidi, menjelaskan jemaah haji kloter 13 tiba di Bandara Adi Soemarmo pada Minggu siang. Mereka lantas dipulangkan ke Klaten dengan titik kumpul di GOR Gelarsena.

Baca Juga: Subhanallah! Petani di Ngawen Klaten Ini Sedekahkan UGR Tol ke Masjid

Jumlah total jemaah yang tiba di Klaten hampir 360 orang. Dari informasi yang dia terima, ada tiga jemaah haji terkonfirmasi positif Covid-19.

“Awalnya di-thermo gun suhu tubuhnya 37 derajat. Setelah itu diminta istirahat sebentar dan diukur suhu tubuhnya lagi ternyata masih 37 derajat kemudian dilakukan swab,” kata Bambang saat ditemui di GOR Gelarsena Klaten, Minggu.

Jemaah haji yang terkonfirmasi positif tersebut lantas dipulangkan terpisah menggunakan ambulans didampingi petugas medis. Jemaah haji terkonfirmasi positif tersebut lantas menjalani isolasi mandiri di rumah.

Sementara itu, kedatangan jemaah haji Klaten disambut para keluarga mereka di GOR Gelarsena Klaten. Suasana haru menyelimuti kedatangan ratusan jemaah haji asal Klaten yang tergabung dalam kloter 13. Ratusan jemaah itu tiba di GOR sekitar pukul 13.30 WIB.

Baca Juga: Calhaj Klaten Berangkat Akhir Pekan, Koper Isi Sambal Pecel Sudah Ready

Salah satu jemaah haji asal Kecamatan Polanharjo, Rawiyanti, 59, mengatakan seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah berjalan lancar. Penantiannya selama 12 tahun untuk bisa melaksanakan ibadah haji akhirnya terbayar.

“Alhamdulillah lancar semua. Tetapi suami saya tidak katut [tidak diberangkatkan tahun ini],” kata dia.

Salah satu petugas pendamping jemaah haji, M. Nurcholis Madjid, mengatakan kepulangan dari Arab Saudi sempat tertunda selama dua jam menyusul padatnya lalu lintas penerbangan. Terkait pelaksanaan ibadah haji, Nurcholis mengatakan seluruhnya berjalan lancar.

“Alhamdulillah pelayanan dari pemerintah Arab Saudi terkait haji sangat luar biasa dari transportasi, makanan, hotel, sampai proses wajib haji Semua di back up sangat sempurna. Saya yakin jemaah haji tahun ini puas dengan pelayanan haji. Alhamdulillah, jemaah haji Klaten berangkat utuh pulang utuh,” kata dia.

Baca Juga: Program Kecantol Kamu KUA Karanganom Diacungi Jempol IIDI Klaten

Ditemui sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Klaten, Hariyadi, mengatakan kepulangan jemaah haji asal Klaten dibagi dalam lima kloter. Kloter 12 ada 11 orang dan tiba di Asrama Haji Donohudan pada Sabtu (23/7/2022) pagi.

Kloter 13 sebanyak 352 orang ditambah lima petugas tiba di Donohudan, Minggu. Kloter 14 sebanyak 127 jemaah sampai di Donohudan, Senin (25/7/2022) dini hari. Kloter 22 ada dua jemaah sampai di Donohudan, Minggu (31/7/2022). Kloter 26 ada satu jemaah di embarkasi pada Rabu (3/8/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya