SOLOPOS.COM - Lokasi pengungsian korban erupsi Gunung Semeru jadi tempat syuting. (Instagram/@lumajang.ku)

Solopos.com, LUMAJANG — Pengungsian warga yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dijadikan lokasi syuting sinetron. Dalam video yang beredar di media sosial, ada adegan romantis yang dilakukan dalam proses syuting.

Sejumlah pengungsi tampak menonton proses pengambilan gambar adegan pelukan yang dilakukan dua artis dari dalam tenda pengungsian. Mereka memegang ponsel tampak seperti merekam kejadian tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Okezone.com, Kamis (23/12/2021), adegan tersebut merupakan bagian dari sinetron Terpaksa Menikahi Tuan Muda yang tayang di ANTV. Cuplikan adegan sinetron yang viral itu menuai kecaman dari sukarelawan lokal.

Baca juga: Syuting di Pengungsian Semeru, Pihak Sinetron TMTM Klarifikasi

Menariknya, pihak yang menggelar syuting yakni PT Verona Indah Picture telah mengantongi disposisi surat dari Sekda ke Dinas Kominfo dan BPBD untuk melakukan koordinasi dengan Kasatgas Bencana di Lokasi Pengungsian Desa Penanggal.

Meskipun demikian, proses syuting yang dilakukan di pengungsian Gunung Semeru tetap saja menuai kecaman. Para sukarelawan menilai hal tersebut menunjukkan sikap yang tidak bersimpati. Menanggapi hal tersebut, sang artis, Rebecca Tamara dan Leo Consul, meminta maaf.

Baca juga: Ya Ampuun, Baliho Puan Bertebaran di Area Pengungsian Semeru

Anggota Komisi VIII DPR Fraksi PKS, Bukhori mengatakan, proses syuting sinteron di pengungsian korban erupsi Gunung Semeru merupakan hal yang sangat tidak etis. Ia menganggap hal itu sebagai bentuk eksploitasi bencana.

Bukhori menilai proses syuting sangat tidak tepat dilakukan di tengah masyarakat yang sedang berkabung. Di mana mereka masih merasakan duka mendalam akibat kehilangan sanak keluarga akibat erupsi. Bukhori mengimbau agar seluruh pihak dapat menempatkam empati sebagai hal utama dalam sebuah bencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya