[x] close
top ear
Susi Pudjiastuti bersantai makan ikan di pantai di Pandeglang, Banten. (Instagram-@susipudjiastuti115)
  • SOLOPOS.COM
    Susi Pudjiastuti bersantai makan ikan di pantai di Pandeglang, Banten. (Instagram-@susipudjiastuti115)

Wacanakan Budidaya Lobster di Pangandaran, Ridwan Kamil Disemprot Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti meminta Ridwan Kamil untuk bertanya terlebih dahulu ke masyarakat sebelum membuat kebijakan
Diterbitkan Selasa, 24/12/2019 - 18:36 WIB
oleh Solopos.com/Nugroho Meidinata
2 menit baca

Solopos.com, SOLO -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melontarkan wacana kawasan Pangandaran, Garut; dan Sukabumi; untuk dijadikan salah satu lokasi budidaya lobster. Namun wacana itu dikritik oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

"Kalau boleh saya mengusulkan, Pantai Selatan Jawa Barat, bisa Pangandaran, bisa Pelabuhan Ratu, bisa Garut Selatan. Saya kalau itu ada, kami tawarkan kepada Menteri [Edhy Prabowo] di situ saja," kata Ridwan Kamil yang dilansir Detik.com, Senin (23/12/2019).

Menurutnya lobster lebih cocok untuk dibudidayakan di Pangandaran karena kawasan itu memiliki lingkungan yang cocok dengan karakteristik lobster. "Pangandaran, kan lobster itu butuh suhu pas, butuh ekosistem yang nyaman. Nyamannya di Pangandaran yang garis pantainya masih luas," tambahnya.

Pergi ke Solo Andalkan Google Maps, Pemotor Klaten Keblasuk di Tol Ngasem Colomadu

Tetapi, rencana Ridwan Kamil justru mendapat sorotan dari Susi Pudjiastuti. Bos Susi Air tersebut meminta Ridwan Kamil untuk bertanya terlebih dahulu kepada masyarakat sebelum melemparkan ke publik.

"Mestinya Pimpinan daerah belajar mendalami suatu kebijakan public sebelum mengatakannya ke publik. Bertanya ke Masyarakat di daerahnya apa yg terbaik untk mereka & lingkungannya. Ridwan Kamil Tawarkan Pangandaran Jadi Lokasi Budi Daya Lobster," terang Susi di akun Twitternya miliknya, Selasa (24/12/2019).

Ayah Ditahan KPK, Dita Soedarjo: Natal 2019 Terberat di Hidupku

Cuitan Susi Pudjiastuti tersebut mendapat dukungan dari netizen. Pengguna akun Twitter @Thinktoreason yang mengomentari cuitan Susi Pudjiastuti mengatakan seharusnya kebijakan harus didasarkan pada kajian yang mendalam.

Ini 10 Destinasi Wisata Terlaris di Jawa Tengah

"Sebuah kebijakan memang sebaiknya merupakan hasil proses pengkajian menyeluruh untuk jangka panjang, bukan sebuah hasil keputusan reaksioner sesaat thd masalah² yg lg trend saat itu yg bersifat jangka pendek," bebernya.

Senada dengan pengguna akun @Thinktoreason, pengelola akun Twitter @IKANLAUTAN_ID menjelaskan ke depan justru warga Pangandaran yang akan mengajari Ridwan Kamil soal lobster.

"Membicarakan kebijakan tanpa melihat (secara langsung) kendala masyarakat Pangandaran dan lingkungannya adalah retorika. Diyakini, msyarakat Pangandaran yang justru akan mengajari gubernurnya ttg lobster."


Editor : Profile Adib M Asfar
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini