[x] close
Wabup Sangihe Tutup Usia di Pesawat
Solopos.com|news

Wabup Sangihe Tutup Usia di Pesawat

Helmut Hontong tutup usia saat terbang dari Denpasar, Bali, ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Solopos.com, JAKARTA - Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut), Helmut Hontong, meninggal dunia di udara.

Helmut Hontong tutup usia saat terbang dari Denpasar, Bali, ke Makassar, Sulawesi Selatan. Helmud menumpangi pesawat Lion Air JT740 dengan nomor kursi 25E. Dia ditemani ajudannya, Harmen Kontu, yang duduk di kursi nomor 25F.

"Pukul 16.17 saat di Bandara Hasanudin Makassar, dokter dan perawat segera naik ke pesawat untuk mengecek kondisi Bapak Helmut yang sudah tidak sadarkan diri," kata Pejabat Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Sangihe, Maya Budiman, Rabu (9/6/2021) seperti dilansir Antara.

Preman Bersenjata Palak Sopir Kontainer, Jokowi: Kapolri Selesaikan!

"Pimpinan awak kabin [senior flight attendant/SFA] bersama kru kabin lainnya menghampiri langsung guna mengetahui kondisi aktual penumpang. Setelah mendapatkan informasi detail dan pengamatan, SFA segera melakukan pengumuman [announcement] apakah dalam penerbangan terdapat profesi dokter atau tenaga medis," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam keterangan, Kamis (10/6).

Awak kabin pun memberikan pertolongan darurat dengan memasangkan tabung oksigen kepada Helmud Hontong serta melonggarkan pakaian yang mengikat ketat. Pilot kemudian berkoordinasi dengan ATC untuk meminta landing di bandara terdekat.

Datangi Rumah Duka RSPAD, Jokowi Melayat Istri Menkumham Yasonna

 

Urus Jenazah

Pada pukul 16.10 Wita, petugas layanan darat Lion Air di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin menghubungi tim medis. Saat mendarat, tim medis bandara langsung melakukan penjemputan dari pintu bagian belakang pesawat. Namun penumpang sudah dalam meninggal dunia.

"Pesawat mendarat pada 16.17 Wita, ketika posisi pesawat sudah sempurna dan berada di landas parkir [apron] tim medis bersama petugas Lion Air melakukan penanganan dan penjemputan dari pintu pesawat bagian belakang, kemudian dilakukan pemeriksaan dan pertolongan," ujar Danang.

"Lion Air mendapatkan informasi dari pihak tim medis, bahwa penumpang inisial HH meninggal dunia. Atas nama manajemen dan seluruh karyawan Lion Air mengucapkan dukacita mendalam atas meninggalnya penumpang HH. Petugas Lion Air di Ambon bersama pendamping membantu proses pengurusan jenazah HH di rumah sakit," lanjut Danang.

Kabar Duka, Istri Menkumham Yasonna Meninggal Dunia

Dari informasi yang dilansir detikcom di website resmi Pemkab Kepulauan Sangihe, Kamis (10/9/2021), Helmut lahit di Mahangetang, 9 November 1962. Dia memulai karier politik sebagai anggota DPRD Kepulauan Sangihe sejak 2009 hingga periode 2017-2022.

Helmut terpilih sebagai wakil rakyat tiga periode berturut-turut. Dalam perjalanan karier politik itu, Helmut memegang sejumlah jabatan strategis sebagai wakil rakyat. Pada periode pertama dan kedua, Helmut mengemban jebatan Ketua Komisi A.

Helmut juga pernah memegang jabatan Sekretaris Golkar Kepulauan Sangihe pada 2016-2021. Selain itu, dari 2009 hingga 2016, Helmut dipercaya sebagai Wakil Ketua Golkar Sangihe. Setelah itu, Helmut akhirnya dipercaya sebagai Ketua Kosgoro Kepulauan Sangihe.

Italia Bawa Spirit Juara Piala Dunia 2006 ke Euro 2020  

Helmut menjabat Wakil Bupati Kepulauan Sangihe periode 2017-2022. Jabatan ini diembannya untuk kali pertama.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago