SOLOPOS.COM - Gunung Semeru di Jawa Timur erupsi pada Sabtu (4/12/2021). (Antara/HO-Warga Lumajang)

Solopos.com, LUMAJANG — Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), Sabtu (4/12/2021), menyebabkan satu orang meninggal dan 41 orang lainnya mengalami luka bakar.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, saat mengikuti jumpa pers secara virtual dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu malam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Indah mengatakan hampir 300 kepala keluarga di daerah Curah Kobokan yang telah dievakuasi. Meski demikian, masih ada 10 orang di wilayah itu yang belum dievakuasi karena akses ke lokasi terhalang lumpur setinggi lutut kaki.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, Jembatan Pengubung Malang-Lumajang Putus

“Sampai saat ini proses evakuasi terus kita lakukan. Mudah-mudahan sisa [yang belum terevakuasi] segera terevakuasi,” ujar Indah.

Indah juga menyebutkan ada satu orang yang meninggal di wilayah Curah Kobokan. “Satu orang yang meninggal di Curah Kobokan segera dibawa mobil ambulans. Mudah-mudahan sudah terangkut,” ujarnya.

Wakil Bupati Lumajang juga melaporkan jika dampak erupsi Gunung Semeru itu membuat hampir seluruh rumah milik warga di Curah Kobokan hancur. Meski demikian, seluruh warga sudah mengungsi di Balai Desa Penanggal.

“Laporan sementara ada 41 orang yang mengalami luka bakar, sudah dievakuasi di Puskesmas Penanggal. Sementara yang luka bakar parah kita rujuk ke RSU dr. Haryoto, RS Bhayangkara, dan RS Pasirian,” imbuhnya.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Awan Panas Mengarah ke Curah Kobokan

Sementara itu, ada tujuh orang yang juga dirawat di Puskesmas Candipuro, Pusesmas Penanggal 10 orang. Dari seluruh orang yang dirawat itu dua di antaranya merupakan ibu hamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya