SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TRANSMIGRAN—Puluhan transmigran berkumpul di Kantor Transmigrasi Sragen menunggu pemberangkatan ke Unit Permukiman Transmigrasi di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Senin (12/12/2011). (FOTO: Espos/Tri Rahayu)

Sragen (Solopos.com)--Wakil Bupati (Wabup) Sragen, Daryanto, memberangkatkan sebanyak 15 kepala keluarga (KK) atau 50 orang transmigran ke Unit Permukiman Transmigras (UPT) Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Senin (12/12/2011), dari Kantor Transmigrasi Sragen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemberangkatan transmigran asal Sragen dilakukan dua tahap. Tahap pertama diberangkatkan Wabup, Senin kemarin. Sedangkan tahap kedua dengan jumlah KK sama atau 55 orang transmigran bakal diberangkatkan pada Jumat (16/12/2011) mendatang.

Staf Pelaksana Transmigrasi, Suyatno, didampingi Kasi Transmigrasi, Woro Nur Mastuti, saat dijumpai wartawan, Senin, menerangkan transmigran tahap kedua bakal dikirim ke UPT Bakai, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan. Menurut dia, total transmigran yang diberangkatkan tahun ini sebanyak 30 KK atau 105 jiwa ke dua wilayah tujuan transmigrasi.

“Sebagian besar para transmigran itu berasal dari wilayah Kecamatan Gondang, Kedawung, Sragen Kota dan Sambirejo. Rata-rata mereka sebelumnya tinggal satu atap dengan orangtua. Mereka berasal dari keluarga miskin. Dengan transmigrasi diharapkan mereka bisa meningkatkan kesejahteraan hidup masing-masing,” harapnya.

Menurut dia, fasilitas yang bakal mereka terima berupa tanah perkarangan dan lahan garapan seluas dua hektare per KK. Fasilitas rumah tipe 36 dan jaminan hidup berupa beras sebanyak 42,5 kg/KK per tahun. Dia mengatakan para transmigran ini sebelumnya sudah diberi pengarahan dan bakal dilepas Wabup.

(trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya