SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TPA Putri Cempo. (dok Solopos)

Solo–(Solopos.com)--Volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo di Mojosongo, Jebres diketahui masih tinggi yakni mencapai 235 ton/hari.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kondisi itu diprediksi masih akan berlangsung hingga beberapa hari mendatang. Kepala Pengelola TPA Putri Cempo, Pramujo saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (5/9/2011) mengatakan kondisi itu merupakan fenomena rutin tiap pascalebaran.

Dia menyatakan siap mengamankan atau mengangkut seluruh sampah dari berbagai tempat pembuangan sementara (TPS) ke Putri Cempo. “Pada hari-hari biasa volume sampah hanya di kisaran 210 ton/hari. Biasa terjadi sepekan sebelum dan sesudah lebaran,” katanya.

Pramujo menguraikan volume sampah selama sepekan sebelum lebaran sudah tinggi yakni di kisaran 230 ton/hari. Kondisi itu terjadi karena warga membersihkan rumah dan lingkungan mereka untuk menyambut kedatangan saudara mereka dari perantauan. Selain itu juga sebagai bentuk perayaan hari raya Idul Fitri.

Sedangkan selama dua hari lebaran volume sampah yang terangkut hanya sekitar 88 ton/hari. Hal itu karena armada dan personel kebersihan yang beroperasi hanya separuhnya. “Kami punya total 24 unit armada, selama lebaran hanya separuhnya yang beroperasi,” imbuhnya.

Untuk mengatur atau menata sampah di Putri Cempo telah dioperasikan lima unit alat berat. Alat tersebut terdiri dari satu backhoe sewa, satu buldoser sewa ditambah satu buldoser, satu backhoe dan heeloader milik sendiri.

Disisi lain peningkatan volume sampah TPA Putri Cempo membawa berkah bagi para pemulung yang tergabung dalam Paguyuban Pemulung Jatirejo (Palung Jati). Namun mereka masih harus berebut dengan sapi-sapi yang sengaja dilepas pemiliknya supaya mencari makan di tumpukan sampah Putri Cempo.

(kur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya