SOLOPOS.COM - Prototipe truk listrik Volta Zero. (Voltatrucks.com)

Solopos.com, JAKARTA — Kebutuhan akan kendaraan listrik untuk angkutan barang di perkotaan bakal terpenuhi oleh Volta Trucks, Startup kendaraan listrik komersial.

Volta Trucks meluncurkan dua model truk nol-emisi dengan ukuran lebih kecil yang akan mulai diproduksi pada tahun 2025, Ini membuka opsi pengiriman barang di perkotaan.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Dikutip dari Antara, Volta Trucks berbasis di Stockholm, juga beroperasi di Inggris, menyebutkan akan meluncurkan armada kendaraan uji truk 7,5 ton dan 12 ton untuk pelanggan pada tahun 2024.

Model-model baru akan bergabung dengan perusahaan rintisan Volta Zero, dengan truk listrik 16 ton yang akan memulai produksi akhir tahun ini dan model 18 ton pada tahun 2023.

Volta Trucks mengatakan telah mengumpulkan 230 juta euro (247 juta dollar AS) pada Februari 2022 untuk mendanai peluncuran produksi seri Volta Zero pada akhir 2022.

Baca juga: Catat! Ini Lokasi Pengisian Kendaraan Listrik di Tol Trans Jawa

Beberapa negara Uni Eropa memiliki larangan truk lebih dari 7,5 ton yang beroperasi pada hari Minggu atau hari libur, seperti Amsterdam dengan alasan melindungi jalan-jalan tua dan jembatan.

Sementara beberapa kota Eropa juga merencanakan pembatasan kendaraan komersial diesel, Seperti, Paris yang akan melarangnya pada 2024.

Sejumlah produsen sedang menguji prototipe truk listrik dan hampir tidak ada truk listrik di segmen berat yang tersedia saat ini. Model 7,5 ton dan 12 ton Volta Trucks menjadi yang pertama dipasarkan.

Baca juga: Ternyata Mobil Listrik Bisa Dibeli Secara Kredit Lho, Minat?

“Pelanggan kami memberi tahu bahwa mereka juga membutuhkan kendaraan yang lebih kecil 7,5 dan 12 ton dalam operasi mereka,” kata Chief Executive Volta Trucks Essa Al-Saleh dalam sebuah pernyataan.

Startup tersebut saat ini memiliki pesanan untuk sekitar 6.000 truk listrik, termasuk 1.500 yang dipesan oleh unit logistik Deutsche Bahn, Schenker.

Volta Trucks berencana membuat 5.000 truk pada tahun 2023 dan produksi tahunannya akan meningkat menjadi 27.000 unit pada tahun 2025.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya