SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

GUNUNGKIDUL—Peternak unggas di Gunugkidul diminta mewaspadai serangan Avian influenza (AI), khususnya saat peralihan musim kemarau ke musim hujan seperti sekarang ini. Apalagi perkembangan virus influenza pada hewan unggas ini tergolong tinggi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan data Dinas Peternakan Kabupaten Gunungkidul, pada 2011 tercatat sebanyak 1.046 unggas positif terjangkit AI.

“Sebanyak 1.046 unggas positif AI setelah didiagnosa dengan metode pengujian dasar [rapid test],” papar Priyo Susanto, Kabid Kesehatan dan hewan Pemkab Gunungkidul kepada Harian Jogja, Kamis (2/1).

Menurut Priyo, perkembangan virus AI berlangsung cukup cepat. Beberapa faktor seperti kelembaban cuaca serta kebersihan kandang pemilik unggas patut diperhatikan. Terutama bagi peternak unggas, agar lebih selektif saat membeli unggas yang didatangkan dari luar kabupaten Gunungkidul.

“Kasus AI di Gunungkidul mayoritas terjadi karena peternak kurang selektif saat mendatangkan unggas dari luar. Oleh karenanya peternak perlu waspada,” terangnya.(HARIAN JOGJa/Kurniyanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya