SOLOPOS.COM - (Tangkapan video Instagram @temanggungzone)

Solopos.com, SEMARANG -- Sebuah video yang memperlihatkan beberapa orang diduga kesurupan di Desa Pringapus, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, viral di media sosial.

Video itu diunggah oleh akun Instagram @temangguungzone, Sabtu (14/3/2021) malam. "Info awal terjadi penebangan pohon beringin di desa Pringapus kecamatan Ngadirejo, yang menyebabkan beberapa warga kesurupan..syerem. Tunggu informasi selanjutnya yak," tulis akun @temanggungzone dalam caption video.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Bikin Kapok dan Malu, Begini Cara Polres Karanganyar Tertibkan Pengguna Knalpot Brong

Dalam unggahan itu juga disebutkan sejumlah warga kesurupan karena pohon beringin yang ada di desa tersebut ditebang. "Aku nek yo njaluk ngapuro iso. Mateni uwong njaluk ngapuro yo iso, tapi iki omahku [aku minta maaf ya bisa. Membunuh orang lalu minta maaf bisa, tapi ini rumahku]," teriak seorang warga yang diduga kesurupan dalam video tersebut.

Video itu pun saat ini viral di media sosial dan sudah dilihat sebayak 31.746 kali. Bahkan beberapa akun platform media nasional pun menanyangkan ulang atau repost video tersebut.

Respons Netizen

Video itu juga mendapat berbagai respons dari warganet. Mereka mengaku kaget dan terkejut dengan fenomena tersebut. Salah satu warganet yang memberikan komentar, menulis kesurupan massal di Temanggung itu akhirnya berakhir setelah seekor kambing disembelih di dekat pohon beringin tersebut.

"Itu akhir nya pohonya minta tumbal hewan kurban sejenis darah kaming. D sembelih deket pohonya yg besar," tulis akun @tereeeliye.

"Pohon bringin, pisang, asem, randu ,,sukun, omahe jin wajar ae ne kesurupan [pohon beringin, pisang, asem, randu, sukun, rumahnya jin wajar saja kalau kesurupan]," tulis pengguna akun @riyansayoga.

Baca Juga: Jadi Venue Pembukaan Piala Menpora 2021, Ini Potret Miripnya Stadion Manahan dengan Gelora Bung Karno

Meski demikian, ada juga beberapa netizen yang menilai video yang viral itu sebuah lelucon. Hal itu dikarenakan banyak hutan yang ditebangi tapi tidak ada
yang kesurupan.

"Giliran pengundulan hutan ra ono sek kesurupan haha [Giliran penebangan hutan enggak ada yang kesurupan haha]," tulis akun @andro_smnjtk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya