SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video laut yang tercemar. (Tiktok/4ocean)

Solopos.com, SOLO — Viralnya video yang menunjukkan parahnya pencemaran yang terjadi di bawah air laut, membuat mantan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti menangis.

Seperti di Drakor, Ibu-Ibu Komplek Belanja Sayur Pakai Bahasa Korea

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Video lautan yang dipenuhi sampah tersebut, pertama kali dibagikan oleh kreator Tiktok @4ocean pada 15 Oktober 2020. Video ini kemudian di unggah ulang oleh akun Twitter @rakyatjelataTV pada Senin (9/11/2020), di platfrom tersebut.

Dalam unggahan itu, akun Twitter ini menuliskan keterangan dalam bahasa inggris, yang berarti “Kami tahu Anda mengira mantanmu adalah sampah, tetapi seperti inilah tampilan sampah yang sebenarnya.”

Video berdurasi 18 detik tersebut menampilkan betapa parahnya lautan yang tercemar dengan berbagai sampah plastik. Tampak berbagai ikan-ikan kecil berenang di tengah sampah yang ada.

Dikritik Habis, Surat Stafsus Milenial Presiden Seperti Naskah Skripsi Mahasiswa

Pencemaran laut memang menjadi persoalan yang hingga kini masih sulit diatasi. Sampah yang memenuhi lautan pun turut membahayakan kehidupan biota laut. Beberapa waktu lalu penyu ditemukan tewas karena memakan sedotan plastik.

Netizen Sedih

Banyak dari netizen yang menyayangkan dan merasa sedih melihat pencemaran laut yang begitu parah. Banyak netizen yang ikut tenggelam dalam emosi dan turut mengomentari unggahan tersebut.

Dulu pernah nyelam di lokasi terpencil yg jauh dari pemukiman, keliatan dri permukaan pantai, laut nya bagus eh pas nyelam dalam nya persis kaya gini, sedih tapi gak bisa berbuat banyak, yok mulai kurangi penggunaan plastik yok,” ungkap akun Twitter @oijiiik.

Kamala Harris Berikan Pidato Kemenangan Sebagai Wakil Presiden Wanita Amerika Serikat

Sudah dipastikan laut Indonesia soalnya ada teh gelas sama ale-ale,” ujar akun twitter @Chyntw.

This is Wonderfull Indonesia yang ngga masuk dalam iklan dan promo keindahan alam Indonesia,” kata akun Twitter @Dev_Rah.

Akun Twitter @jabinganasw juga mengatakan bahwa Bu Susi akan menangis bila melihat video tersebut, dengan me-mention akun Twitter beliau. Tak hanya jadi perkataan, Mantan Menteri Kelautan Indonesia itu benar-benar melihat langsung video tersebut.

Mantan Menteri Kabinet KERJA Presiden Joko Widodo ini juga turut prihatin melihat video tersebut. Ia hanya bisa menanggapi unggahan itu, dengan memberikan emotikon menangis. Hingga saat ini belum dipastikan di mana lokasi laut yang dipenuhi sampah itu.

Niatnya Cari Pakan Ternak, Warga Grobogan Malah Tewas Tersetrum

Namun kemungkinan besar, laut yang tercemar sampah tersebut berada di Indonesia. Mengingat banyaknya sejumlah sampah plastik yang ada di video tersebut, merupakan sampah produk-produk yang banyak dijumpai di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya