SOLOPOS.COM - Surat Satpol PP Sleman mengenai penyelenggaraan ASEAN Tourism Forum atau ATF 2023 yang viral di Twitter. - Istimewa

Solopos.com, SLEMAN — Surat dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sleman viral di media sosial Twitter. Surat tersebut viral karena berisi permohonan kepada ojek online (ojol) dan pedagang untuk libur dahulu atau pindah tempat selama perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF).

Selain itu, surat tersebut menjadi gunjingan warganet karena banyak kesalahan penulisan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sleman, Shavitri Nurmala, mengklarifikasi persoalan ini. Dia mengakui beberapa salah ketik, seperti tahun 2022 yang harusnya 2023.

Surat ini ditujukan untuk ojol dan pedagang di sekitar Marriot Hotel, Condongcatur. Mereka diminta libur atau pindah tempat karena tempat berjualan mepet di jalan.

“Jadi kami sudah rapat dengan desa, dengan kalurahan, sudah ada surat keputusan. Mereka sudah menerima sosialisasi dan mau. Ya sudah. Kalau mau disuruh libur dulu atau selama kegiatan berlangsung mereka pindah,” jelasnya, Jumat (3/2/2023).

Menurutnya mereka mau pindah asalkan ada surat dari Satpol PP Sleman. Kemudian, dibuatlah surat tersebut. Kalurahan yang akan menyampaikan kepada koordinator ojol dan pedagang.

Satpol PP juga meminta pengendara tidak parkir di pinggir jalan karena jalan digunakan untuk pintu keluar masuk hotel. Dia meminta sepeda motor dan mobil parkir di tanah kas desa (TKD) yang sudah disediakan.

“Kan sudah dibuatkan tempat parkir TKD. Masuklah ke TKD. Sekarang ada laporan gejolak, biasa-biasa saja,” kata dia.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan ATF merupakan event internasional. Semua tamu yang datang ke Sleman harus dilayani. Sudah ada titik temu sehingga ojol tidak lagi nongkrong di lokasi tersebut. Kustini menyebut koordinasi sudah dilakukan.

“ATF juga hanya berlangsung beberapa hari saja. Ojol masih akan bekerja seperti biasa, hanya geser tempat parkirnya karana digunakan untuk akses jalan lewat. Kami kemarin komunikasi bareng-bareng, memang kemarin saya nyuruh [Satpol PP]. Intinya ojol bekerja, kami juga ada tamu juga. Kami harus menghormati tamu karena mengangkat perekonomian dari Sleman,” kata dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Surat tentang Ojol dan ATF Viral, Begini Penjelasan Satpol PP Sleman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya